NTB Dilanda Gempa 6,0 Skala Richter, Twitter Trending #gempa

Jun 04, 2020 07:14
Informasi BMKG tentang gempa di NTB. (Twitter)
Informasi BMKG tentang gempa di NTB. (Twitter)

MALANGTIMES - Tagar #gempa mengemuka di Twitter pada Kamis (4/6/2020) dini hari. Hal itu memang menunjukkan bencana gempa yang terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Berkekuatan 6,0 skala Richter, gempa terjadi tepat terjadi pukul 22.45 WIB atau 23.45 WITA.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, BMKG mengatakan bahwa pusat gempa terletak 132 km barat laut Pulau Saringi, NTB. Kedalaman gempa terletak di 664 km dari permukaan laut.

Baca Juga : Relaksasi UKT Ramai Jadi Perbincangan Twitter, Menko PMK: Itu Urusan Mendikbud

Meski berkekuatan besar,  BMKG memastikan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Tapi beberapa wilayah seperti Denpasar dan Kuta, Bali, sangat merasakan getaran dengan skala modified mercalli intensity (MMI) III.

Di sisi lain, tepatnya di Jawa Timur, gempa juga bisa dirasakan dengan skala yang ringan. Biasanya orang Jawa mengatakan bahwa kejadian tersebut adalah 'lindu' atau gempa yang cukup ringan.

Karena gempa itu, beberapa twitt menunjukkan kekhawatirannya. Hal itu disebabkan pariwisata NTB baru saja dibuka setelah beberapa bulan ditutup akibat pandemi covid-19.

Salah satunya akun @Ameeranti yang menuliskan, "Innalillahi.. Gempa Lombok kembali terjadi. 6 SKR. Padahal pariwisatanya baru dibuka kembali. Saya #masih #trauma dengan #gempa Lombok. Karema ketika gempa terjadi, saya saat itu ada di Lombok. Bagaimana kami panik dengan issue ada tsunami melanda. Masih gemeteran."

Baca Juga : 2 Eks Pimpinan KPK Apresiasi Aksi Novel Baswedan Saat Pimpin Operasi Penangkapan Nurhadi

Bagi sebagian orang, gempa tersebut memang membuat khawatir yang mendalam. Sebab, di beberapa wilayah, khususnya di pesisir pantai baru saja diterpa bencana banjir rob.

Kekhawatiran yang dimaksud adalah kehidupan new normal dalam pandemi covid-19 membuat masyarakat cukup senang karena akan menjalani aktivitas  normal baru. Namun karena terjadi bencana tersebut, mereka harus berpikir dua kali untuk melakukan aktivitas secara normal.

Topik
Berita Hari IniGempa BumiBMKGTagar GempaGempa di NTB
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru