Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Kabar ini bisa jadi cukup melegakan bagi Kota Malang, tapi bisa juga tidak. Catatan pasien positif Covid-19 per tanggal 3 Juni 2020 ada 4 pasien yang dinyatakan sembuh. Namun, kesembuhan dari pasien ini juga disertai dengan kenaikan jumlah kasus positif yang bertambah 2.

Dari penambahan tersebut, saat ini total kasus positif Covid-19 di Kota Malang menjadi 53. Yang dinyatakan meninggal dunia tercatat 2 orang, pasien sembuh totalnya menjadi 21, sedangkan yang dirawat baik isolasi mandiri ataupun di rumah sakit menjadi 30 orang.

Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto menyatakan pasien positif yang sembuh dari warga biasa dan juga tenaga kesehatan. "Dua warga biasa sembuh tercatat berdomisili di wilayah Kecamatan Kedungkandang, 1 warga biasa dari wilayah Kecamatan Lowokwaru, dan 1 lagi merupakan Nakes," ujarnya.

Lebih lanjut, Juru Bicara Gugus Satgas Covid-19, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif menambahkan terkait dengan kedua pasien tanbahan sebagai terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan dari klaster keluarga.

"Dua pasien ini kontak erat dengam konfirm positif Covid-19 dalam satu keluarga. Terinformasi sebagai warga Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing Kota Malang," jelasnya.

Saat ini karena kondisi klinis dari kedua pasien dalam keadaan baik, maka dilakukan isolasi mandiri di rumah. Meski begitu, keduanya juga tetap dalam pantauan petugas kesehatan dari Dinkes Kota Malang.

"Pasien tidak ada gejala klinis, dan saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah," terangnya. 

Sementara itu, di masa transisi hari ke tiga ini jumlah kasus Covid-19 kategori lainnya semua mengalami penambahan.

Kategori ODR (Orang Dalam Risiko) tercatat 2141 pasien atau bertambah 57 dari hari sebelumnya. Kemudian, OTG (Orang Tanpa Gejala) juga bertambah 12 menjadi 458.

Sedangkan, ODP (Orang Dalam Pantauan) kini mencapai 917 atau bertambah 4 dari hari sebelumnya. Dengan rincian, 76 masih dalam tahap dipantau, 840 sudah selesai pemantayan, dan 1 dinyatakan meninggal.

Lalu, kategori PDP (Pasien Dalam Pengawasan) juga bertambah 4 orang dari hari sebelumnya menjadi 261. PDP yang dinyatakan sehat ada 143 orang, yang masih dalam perawatan ada 98, dan meninggal dunia sebanyak 20.