Petugas saat melakukan pemakaman di TPU Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Senin malam. (Foto: istimewa))
Petugas saat melakukan pemakaman di TPU Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Senin malam. (Foto: istimewa))

MALANGTIMES - Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu tercatat sebagai wilayah dengan kasus Covid-19 terbanyak. Yakni, sebanyak 17 orang dengan satu orang meninggal dunia.

Kini jumlah pasien konfirm meninggal itu bertambah satu orang sehingga menjadi dua orang pada Senin (1/6/2020) malam kemarin.

Baca Juga : Jual Sayur di Pasar Peterongan, Satu Keluarga di Jombang Positif Covid-19

Pasien konfirm 11 tersebut berjenis kelamin laki-laki dengan usia 57 tahun, dan merupakan seorang petani serta pengirim sayur di Pasar Karangploso.

Meninggalnya pasien konfirm 11 ini dibenarkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

“Iya pasien konfirm ke-11 meninggal dunia,” ucapnya.

M Chori menjelaskan, status sebelumnya sebagai PDP dengan diagnosa pneumonia berat dan punya penyakit penyerta pneumonia. Sudah dilakukan rapid test hasilnya reaktif baik lg H dan lg M. Lalu dilanjutkan swab test  dan hasilnya baru keluar dinyatakan positif.

"Yang bersangkutan punya riwayat perjalanan ke Karangploso kirim sayur ke Pasar Karangploso. Semula pada Selasa 21 Mei 2020 dilakukan penjemputan, lalu dibawa menuju RS Hasta Brata Kota Batu," urainya.

Saat itu kondisi almarhum dengan kondisi sakit pneumonia dan diabet (konflikasi) yang sudah lama diderita. Namun setelah dilakukan perawatan kondisi pasien terus memburuk hingga meninggal dunia.

Baca Juga : Juli Mulai Dengan Tarif Baru, BPJS Kesehatan Beri Relaksasi Bagi Pengguna

 Prosesi  pemakaman dilakukan pada hari meninggalnya pasien konfirm 11 ini di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji. Tentunya dengan mengunakan Standart Opertional Prosedur (SOP) dan protokoler kesehatan. 

Sebagai informasi, hingga saat ini pasien konfirm positif Covid-19 yang dirawat sebanyak 23 orang. Baik di rawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Karsa Husada dan isolasi mandiri. Tiga orang lainnya sembuh, 2 diantaranya warga Desa Pesanggarahan, Kecamatan Batu, dan Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji.