Tempat pemilahan sampah (istimewa)
Tempat pemilahan sampah (istimewa)

MALANGTIMES - Peralihan status dari pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menuju New Normal, masyarakat tetap diminta menjaga kebersihan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang. 

Upaya menjaga kebersihan itu bisa dilakukan dengan memilah sampah mulai dari rumah. Hal itu karena akan banyak aktivitas lagi di luar rumah yang dilakukan sehingga mempengaruhi kebersihan.

Baca Juga : Saat New Normal, Taman Kota Malang Masih Tutup, Car Free Day Juga

New Normal baru diterapkan, namun masyarakat sudah yang sangat banyak berlalu lalang melakukan aktivitas pada Senin (1/6/2020). Untuk sampah, jelas akan terus menjadi perhatian bagi pemerintah dalam hal ini DLH Kota Malang, apalagi akan banyak aktivitas di masyarakat.

Di sisi lain meski banyak orang yang masih aktivitas, bukan berarti sampah yang dihasilkan hanya dari jalanan saja. Menurut DLH Kota Malang, justru banyak orang yang saat ini pesan makan dari rumah melalui online, sehingga sangat banyak sampah yang dihasilkan dari rumah tangga.

"Di jalanan itu masih banyak yang aktivitas, meskipun tidak seramai ketika normal. Tapi saat ini sampah juga banyak dihasilkan dari rumah tangga, karena orang-orang banyak yang pesan makan lewat online," ujar Kepala DLH Kota Malang, Rinawati.

Oleh karena itu, Rinawati berharap kepada masyarakat agar di masa transisi dari PSBB ke New Normal ini sebisa mungkin untuk menjaga kebersihan. Apalagi pada pandemi Covid-19 ini, tentu imunitas tubuh akan membantu untuk menjaga dari serangan virus.

"Saya berharap masyarakat bisa menjaga kebersihan, ya kalau namanya sampah sebisanya dibuang di tempatnya," harapnya.

Baca Juga : Udara Terasa Panas Selama Beberapa Hari Terakhir, BMKG Sebut Ada Fenomena Udara Gerah

Di sisi lain, Rinawati juga berharap agar masyarakat bisa memilah sampah dari rumah. Hal itu karena selain membantu tugas DLH, juga untuk sampah plastik bisa di daur ulang oleh masyarakat dan hasilnya bisa dimanfaatkan.