Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Masa transisi menuju new normal di Malang Raya mulai berjalan hari ini (Senin, 1/6/2020). Artinya, segala aktivitas bagi masyarakat di tempat umum sudah mulai dilonggarkan.

Meski begitu, semua tempat umum ataupun masyarakat sendiri harus tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Dalam hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang tetap mengingatkan kepada semua tempat yang banyak menjadi jujugan aktivitas orang  untuk lebih memperketat sarana prasarana protokol covid-19.

"Dari Dinas Kesehatan juga ada beberapa pedoman yang diperlukan di setiap kegiatan aktivitas masyarakat di tengah covid-19.
Misalnya dalam aktivitas pendidikan, bagaimana nanti sekolah. Anak-anaknya bagaimana, masuknya harus seperti apa, hingga penataan di ruangannya juga diatur," terang Juru Bicara Gugus Satgas Covid-19 Kota Malamg yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Malang dr Husnul Muarif.

Ada patokan wajib yang harus selalu dipatuhi oleh masyarakat ataupun tempat usaha dalam beraktivitas di masa transisi hingga nantinya new normal. Di antaranya, penyediaan dan penerapan cuci tangan pakai sabun. Kemudian, penyediaan alat pengukur suhu tubuh  thermo gun di semua tempat umum hingga wajib memakai masker.

"Ada sarana prasarana wajib. Cuci tangan itu harus ada pakai sabun. Pengukuran suhu tubuh dan hand sanitizer itu wajib. Kemudian aktivitas wajib ya pasti pakai masker. Juga protokol kesehatan lainnya untuk selalu menjaga kebersihan," imbuh Husnul.

Meski begitu, ia juga menyarankan bagi siapa saja yang akan beraktivitas tetapi kondisi tubuhnya tidak terlalu baik agar diurungkan sejenak. Hal itu untuk menjaga penyebaran covid-19 yang rentan menyerang kepada seorang dengan imunitas rendah. "Kalau memang merasa tidak cukup baik kondisi badannya, cukup di rumah saja" tandasnya.

Sebagai informasi, pelaksanaan masa transisi menuju new normal di Malang Raya akan berlangsung selama 14 hari ke depan hingga tanggal 14 Juni 2020.

Kebijakan new normal sendiri sebagai langkah untuk menata kehidupan baru agar masyarakat berdamai dengan covid-19. Tentunya dengan selalu memperhatikan setiap aktivitas sesuai dengan penerapan protokol kesehatan.