Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik Pilkada Kabupaten Malang

Peluang Dewanti Ikut Pilkada Sangat Kecil

Penulis : Miski - Editor : Redaksi

25 - Jun - 2015, 15:29

Ketua KPU Batu, Rochani (Foto: Miski/malangtimes)
Ketua KPU Batu, Rochani (Foto: Miski/malangtimes)

MALANGTIMES – Dewanti Rumpoko yang masuk bursa pencalonan pada Pilkada Kabupaten Malang, kemungkinan sulit diusung PDIP. Pasalnya, istri Walikota Batu itu terganjal peraturan PKPU.

“Apabila Pak Wali (Eddy Rumpoko) gagal maju, Bu Dewanti juga sulit diusung karena terbentur peraturan,” kata Ketua KPU Batu, Rochani.

Meski Eddy Rumpoko bukanlah petahana di Kabupaten Malang, namun statusnya sebagai kepala daerah selama 2 periode, membuatnya terganjal aturan untuk maju yang sekaligus berimbas pada Dewanti Rumpoko.

Menurutnya, dalam UU Pilkada Pasal 1 poin 6 menyebutkan, calon kepala atau wakil kepala daerah tidak boleh memiliki konflik kepentingan dengan petahana.

Dalam artian, jika petahana berhubungan darah, ikatan perkawinan atau garis keturunan satu tingkat lurus ke atas, ke bawah, ke samping dengan calon kepala daerah tersebut.

Maksudnya yaitu ayah, ibu, mertua, paman, bibi, kakak, adik, ipar, anak, menantu dari pejabat petahana. Kecuali, calon pejabat yang berkerabat dengan petahana tersebut telah melewati jeda satu kali masa jabatan.

“Kalau dipaksakan maka gugur secara persyaratan, semua parpol sudah mengantongi PKPU. Kalau jeli pasti berfikir dua kali,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, rencana pencalonan Eddy Rumpoko yang juga Walikota Batu masih simpang siur. Hingga hari ini baik DPC PDIP Batu maupun DPRD belum menerima tembusan surat pengunduran diri Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang itu.


Topik

Politik Pilkada-Kabupaten-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Miski

Editor

Redaksi