Kawasan Pantai Balekambang yang bersiap untuk dibuka kembali menyambut para wisatawan di masa New Normal Life. (Foto: Dok. MalangTimes)
Kawasan Pantai Balekambang yang bersiap untuk dibuka kembali menyambut para wisatawan di masa New Normal Life. (Foto: Dok. MalangTimes)

MALANGTIMES - Menyambut New Normal pengelola objek wisata di Kabupaten Malang bersiap menyambut pengunjung. Seperti halnya yang dilakukan oleh pengelola Pantai Balekambang dan Pantai Ngliyep. Mereka melakukan pembersihan pantai, serta bersiap untuk membuka tempat wisata dan menyambut para wisatawan yang akan berkunjung.

Direktur Utama PD (Perusahaan Daerah) Jasa Yasa, Ahmad Faiz Wildan selaku pihak pengelola tempat wisata Pantai Balekambang dan Pantai Ngliyep mengatakan hari ini dan besok pihaknya sedang melakukan pembersihan kotoran-kotoran yang beberapa hari yang lalu terjadi banjir rob di Pantai Malang Selatan.

"Jadi mulai hari ini kemudian dilanjut besok kita melakukan pembersihan seluruh wisata pantai, karena habis kena banjir rob itu kan kotorannya lumayan banyak," ujarnya saat dihubungi oleh pewarta, Minggu (31/5/2020).

Selanjutnya Wildan juga menyatakan bahwa akan selalu siap jika mendapatkan arahan dari Pemerintah Kabupaten Malang untuk membuka kawasan wisata pantai yang tentunya juga menerapkan SOP (Standard Operational Procedure) protokol kesehatan yang telah disepakati bersama. 

"Semua arahan kita mengikuti Pemerintah Kabupaten Malang. Tapi prinsipnya kita siap, allround kita siap. Tinggal Pemerintah Kabupaten Malang mengintruksikan ke kita, kita oke," ungkapnya. 

Terkait konsep "New Normal Life" yang dicanangkan oleh pemerintah, Wildan selaku pengelola tempat wisata menyambut baik dan optimis terkait kebijakan tersebut. Karena banyak sekali masyarakat yang menggantungkan hidupnya di dunia wisata Kabupaten Malang.

"Paling tidak dunia pariwisata Kabupaten Malang harus segera bangkit. Karena banyak di dalamnya itu ekonomi kerakyatan bergulir disitu, itu penting," ucapnya. 

Selain menyajikan keindahan laut Malang Selatan, di tempat wisata pantai juga memiliki banyak manfaat yang dapat menyehatkan bagi tubuh. Mulai dari air lautnya, pasir pantai, serta udara sejuk yang mengandung kadar oksigen yang baik bagi tubuh. 

"Kawasan pantai dapat dijadikan obat. Air laut itu bermanfaat, karena elektrolitnya bagus untuk tubuh. Kemudian udaranya juga bagus untuk orang yang sesak nafas pernafasan, paru-paru, jantung dan itu ilmiah. Kemudian pasirnya, juga untuk pengobatan orang-orang stroke," ungkap Wildan kepada pewarta.

Jadi jika dilihat dari segi kebermanfaatan, wisata pantai memiliki dua manfaat utama yang juga dapat sebagai daya tarik serta daya jual agar wisatawan tertario berkunjung ke kawasan wisata pantai.

"Banyak manfaatnya, di samping kita di sisi wisata, itu juga bisa menjadi alternatif obat untuk orang-orang meningkatkan imunitasnya. Karena produsen oksigen itu adalah plankton dan itu dari laut. Serta dapat untuk daya jual," ujar Wildan.

Sedangkan untuk promosi, PD Jasa Yasa menggunakan media-media yang telah tersedia untuk menyebarluaskan informasi agar wisatawan tertarik kembali berkunjung ke kawasan wisata pantai di Malang Selatan.

"Semua media insya allaah dipakai untuk promosi, mau dari mulut ke mulut, media online, kemudian media sosial baik instagram, facebook, maupun website dan sebagainya kita lakukan," tandas Wildan.

Sementara itu, untuk kawasan lainnya yang dikelola PD Jasa Yasa seperti tempat pemandian Dewi Sri, Sumber Waras dan Metro saat ini sedang melakukan pembenahan fasilitas untuk menyambut para wisatawan di masa "New Normal Life".