Ilustrasi remaja yang gemar main game dan rentan tertular covid-19 (Foto: Istimewa)
Ilustrasi remaja yang gemar main game dan rentan tertular covid-19 (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Menjelang masa transisi new normal life, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo, menyebut jika virus tidak bisa hilang. Oleh karenanya, pria berkaca mata tersebut meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kekebalan tubuh masing-masing.

”Virus itu tidak bisa hilang, dia (virus) hanya bisa luntur dalam tubuh, virus tersebut bisa luntur bila ketahanan tubuh kita tinggi. Jadi tinggal bagaimana ketahanan tubuh kita yang harus ditingkatkan. Bukan sekedar gemuk atau kita besar badannya, tapi ketahanan tubuh itu harus siap dan harus tahan terhadap infeksi,” jelas Arbani.

Baca Juga : Pasien Covid-19 Asal Kabupaten Malang di Rusunawa Tidak Mendapatkan Treatment Khusus

 

Cara meningkatkan ketahanan tubuh terhadap virus tersebut, lanjut Arbani, bisa terjadi jika seseorang rutin berolah raga dan mengkonsumsi makanan sehat. ”Perbanyak minum vitamin yang bisa menyebabkan ketahanan tubuh tinggi. Kemudian rutin berolahraga 15 menit perhari dan minum suplemen,” terang Arbani.

Selain itu, Arbani juga menyarankan kepada masyarakat untuk rutin berjemur di bawah terik matahari. Menurutnya, kandungan vitamin yang ada di dalam sinar matahari dianggap mampu meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

”Caring (berjemur) itu penting, orang yang hanya duduk di dalam ruangan saja, kenak AC (Air Conditioning) ketahanan tubuhnya kemungkinan tidak terlalu bagus. Maaf, anak-anak sekarang mainnya main laptop, HP (Handphone) yang di dalam gedung. Saya takutkan itu daya tahan tubuhnya kurang,” keluh Arbani.

Terakhir, menanggapi virus yang menurutnya tidak bisa hilang tersebut, Arbani meminta kepada masyarakat agar perbanyak istirahat, jika memang sedang mengalami sakit. ”Jadi seandainya kita merasa ada sedikit sakit apapun itu, sebaiknya istirahat. Jangan sampai sakit kita menularkan kepada yang lain,” pinta pria berkaca mata tersebut.