Ilustrasi siswa sekolah di Kota Malang (Dokumentasi MalangTIMES).
Ilustrasi siswa sekolah di Kota Malang (Dokumentasi MalangTIMES).

MALANGTIMES - Jelang pelaksanaan new normal, sebagian besar warga Kota Malang memilih agar sekolah tidak dibuka terlebih dulu. Masyarakat berharap agar kegiatan belajar masih bisa dilakukan secara daring dan di rumah masing-masing selama pandemi covid-19.

Menanggapi itu, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, proses belajar mengajar masih akan diatur dalam peraturan wali kota Malang berkaitan dengan pedoman kehidupan sehat berdampingan dengan covid-19. Sampai saat ini, kapan akan dilakukan kegiatan belajar di sekolah juga belum ditentukan. "Berkaitan dengan kapan sekolah akan aktif seperti biasa masih belum dipastikan," katanya, Sabtu (30/5/2020).

Baca Juga : Pendaftaran PPDB SMA/SMK Akan Dimulai, Ambil PIN Harus Perhatikan Protokol Covid-19

Sutiaji menyampaikan, akan ada beberapa skema yang mungkin bisa diterapkan saat anak-anak harus kembali ke sekolah. Salah satunya adalah skema belajar dengan jumlah siswa yang dibagi. Artinya, dalam satu hari kegiatan belajar, tidak semua siswa bisa masuk, melainkan dilakukan pembagian sesuai dengan jadwal yang berbeda.

"Dengan begitu anak-anak juga disadarkan untuk melakukannya physical distancing, termasuk kepada orang tuanya juga," terang Sutiaji.

Namun, skema itu masih belum dapat dipastikan bisa diterapkan di Kota Malang. Sebab, penentuan berkaitan proses belajar yang tertuang dalam peraturan wali kota juga masih dalam tahap penyempurnaan.

Bukan hanya anak-anak usia sekolah. Peraturan berkaitan dengan proses belajar bagi kalangan santri dan perguruan tinggi di Kota Malang juga belum ditentukan. Skema yang diajukan pondok pesantren dan perguruan tinggi masih akan disinkronkan dengan peraturan wali kota Malang. "Perguruan tinggi sudah memiliki aturan main, tapi nanti masih akan disinkronkan lagi," imbuhnya.

Sebagai informasi, pemerintah daerah Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu sepakat mengakhiri pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Sabtu 30 Mei hari ini. Sebagai gantinya, Malang Raya akan menerapkan new normal life. 

Baca Juga : Sambut New Normal, SMA/SMK Malang-Batu Lakukan Hal Ini

Pada Minggu (31/5/2020) besok, akan dilakukan masa transisi selama satu minggu ke depan. Evaluasi akan dilakukan pada lima hari pertama penerapan new normal life nanti.