Wahyu Hidayat, sosok yang ditunjuk Plt Sekda Kabupaten Malang oleh Bupati (Foto : Malangtimes)
Wahyu Hidayat, sosok yang ditunjuk Plt Sekda Kabupaten Malang oleh Bupati (Foto : Malangtimes)

MALANGTIMES - Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat secara resmi dipilih oleh Bupati Malang Sanusi untuk jadi Plt Sekretaris Daerah (Sekda).

Pemilihan itu ternyata didasari dengan sosok Wahyu Hidayat yang menurut Sanusi sangat baik kinerjanya selama menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Malang.

Baca Juga : Bupati Telah Kirimkan Nama Pj Sekda, Tunggu Keputusan Gubernur Jatim

Performa Wahyu yang meniti karirnya sebagai PNS, membuat Sanusi terpincut dan menjatuhkan pilihannya untuk mengisi kursi Sekda yang akan ditinggal oleh Didik Budi Muljono yang memasuki masa pensiun.

Hal ini disampaikan secara blak-blakan oleh Sanusi ke wartawan saat dimintai keterangan atas pilihannya itu.

”Pertimbanggannya banyak. Orangnya masih muda, sregep (rajin) dan cepat tanggap dalam kegiatan (Pemerintah Kabupaten Malang),” lugas Bupati Malang.


”(Plt) Sekda sudah ada, sudah saya teken. Mulai tanggal 1 (Juni 2020) pak Wahyu Hidayat Kepala DPKPCK sudah bekerja (sebagai Plt Sekda),” kata Sanusi saat ditemui media online ini, Jumat (29/5/2020).

Ketika ditanya perihal alasan memilih orang yang akrab disapa Wahyu itu sebagai Plt Sekda, Sanusi mengaku jika Wahyu memiliki berbagai kelebihan sehingga dianggap cocok untuk menggantikan Didik Budi Muljono.

Seperti yang sudah diberitakan, Kamis (28/5/2020) Wahyu mengaku mendapat kabar jika dirinyalah yang ditunjuk sebagai Plt Sekda Kabupaten Malang.

Menanggapi kabar tersebut, pria yang mengawali karir ASN (Aparatur Sipil Negara) sebagai Camat Tajinan ini, menghadap ke Kepala BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah, Jumat (29/5/2020) pagi. Tujuannya adalah untuk menerima SK (Surat Keputusan) sebagai Plt Sekda Kabupaten Malang.

Dengan turunnya SK tersebut, Wahyu akan menjalani jabatan baru sebagai Plt Sekda hingga sekda definitif ditentukan. Sebagai informasi, penunjukan mantan Kepala Dinas Perairan Kabupaten Malang ini sebagai Plt Sekda, lantaran pejabat terdahulu yakni Didik Budi Muljono telah mencapai BUP (batas usia pensiun) pada 31 Mei 2020.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Pembangunan Lima Mega Proyek Kabupaten Malang Tertunda

”(Plt Sekda untuk) Masa jabatan 3 bulan, sebelum ada PJ (Pejabat),” kata Bupati Malang saat ditanya perihal masa jabatan Plt Sekda Kabupaten Malang yang baru dia tunjuk tersebut.

Kedepan, tangungjawab besar sebagai suksesor Didik Budi Muljono, bakal ditanggung oleh pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan tersebut. Sebab, Bupati Malang memiliki ekspektasi tinggi terhadap pejabat yang akan mengisi kursi Sekda.

”Karena kedepan saya ingin Sekda itu menjadi orang keduanya Bupati (Malang), dalam setiap kegiatan. Sehingga nanti dalam kegiatan Bupati itu, (Sekda) sebagai motor Pemkab Malang. Sehingga kedepan itu mampu membuat perencanaan, agar Kabupaten Malang lebih baik untuk menuju Kabupaten Malang yang lebih hebat,” tutup Bupati Malang.

Apakah sosok yang diharapkan tersebut ada di diri Wahyu?, Sanusi mengaku yakin jika pria yang pernah menimba ilmu di IHS Rotterdam Belanda tersebut, mampu mewujudkan ekspektasinya.

”Selama ini dalam berbagai kegiatan, dia (Wahyu) selalu muncul untuk mendampingi kegiatan-kegiatan Bupati (Malang),” puji Sanusi.