Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. (Foto: vivagoal)
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. (Foto: vivagoal)

MALANGTIMES - Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa sebagai Iwan Bule mengangkat dua purnawirawan jenderal TNI Angkatan Darat sebagai staf khusus. 

Dua purnawirawan jenderal TNI AD tersebut yakni Mayjen TNI (Purn) Leonardus JP Siegers dan Mayjen TNI (Purn) Andogo Wiradi.

Dilansir dari website resmi PSSI, pengangkatan dua purnawirawan jenderal TNI AD ini akan membantu memberikan masukan dan pertimbangan dalam persepakbolaan Indonesia, serta terhadap kinerja Ketua Umum Mochamad Iriawan.

"Keberadaan Pak Leo dan Pak Andogo sangat bermanfaat untuk memberi masukan kepada Ketua Umum," ujar Mochamad Iriawan, Kamis (28/5/2020).

Kedua purnawirawan tersebut sangat berpengalaman dalam dunia militer untuk mengakomodir pasukan. 

Seperti halnya Mayjen TNI (Purn) Leonardus JP Siegers yang berpengalaman di dunia militer, salah satunya saat mengamankan kerusuhan Mei 1998 di Jakarta serta pernah menjadi pemain PSM Makassar dan PS TNI. 

Baca Juga : Jadwal Masih 'On Schedule', PSSI Terus Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Leo Siegers pernah menjabat sebagai Pangdam I Bukit Barisan pada Bulan Mei 2010 hingga Bulan September 2011. 

Leo Siegers lulus dari Akademi Militer pada tahun 1978 yang juga lama bertugas pada kesatuan artileri pertahanan udara. 

Pria kelahiran Makassar, 20 Agustus 1956 yang mengakhiri masa dinas militernya dengan menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Panglima TNI dan Staf Khusus Panglima TNI.

Leo Siegers juga pernah menjadi pemain sepakbola untuk memperkuat PSM Makassar di tahun 1970-an. 

Selain itu saat masih menjabat anggota TNI AD aktif, Leo Siegers juga pernah memperkuat skuat PS TNI. 

Tidak heran jika dirinya juga sedikit banyak memahami tentang dunia sepak bola nasional.

Sedangkan untuk Mayjen TNI (Purn) Andogo Wiradi yang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1981 pernah menjabat sebagai Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) saat Luhut Binsar Pandjaitan menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

Berbeda dengan Leo Siegers, Andogo tercatat merupakan anggota TNI yang besar dalam kesatuan infanteri Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD dan belum pernah menjajal untuk memperkuat suatu tim sepakbola di Indonesia. 

Andogo tercatat pernah menjabat sebagai Kasdam I Bukit Barisan dan mengakhiri masa kedinasannya di dunia militer sebagai Koordinator Staf Ahli Panglima TNI.

Kedua staf khusus terlihat sudah mulai bertugas mendampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan beberapa hari yang lalu. 

Baca Juga : Klarifikasi Askot PSSI Jakarta Utara Perihal Status Dedi A Manik

Tampak Leo Siegers yang mendampingi Mochamad Iriawan bersama Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita saat bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali pada (22/5/2020) untuk menyampaikan perkembangan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021.