Petugas operasi gabungan PSBB saat menertibkan salah satu kafe di kawasan Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Rabu (27/5). (Foto: instagram @satpolpp_malangkota).
Petugas operasi gabungan PSBB saat menertibkan salah satu kafe di kawasan Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Rabu (27/5). (Foto: instagram @satpolpp_malangkota).

MALANGTIMES - Jelang berakhirnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Malang Raya, tim Operasi Gabungan (Opsgab) masih banyak temui warga yang melanggar aktivitas pembatasan.

Salah satunya yang terpantau di salah satu cafe di kawasan Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, siang ini (Rabu, 27/5/2020).

Baca Juga : Boleh Bekerja di Kantor, Ini Kalangan yang Dikecualikan Selama PSBB Malang Raya

Petugas Satpol PP Kota Malang mengamankan seorang warga dengan suhu mencapai 38,9° Celcius. Warga tersebut dengan santai masih nongkrong di area kafe bersama rekan-rekannya tanpa menyadari jika suhu tubuhnya tinggi.

Kasatpol PP Kota Malang, Priyadi menyatakan di samping menertibkan usaha kuliner, kafe maupun warung yang masih melanggar aturan dengan tetap melayani layanan dine in (makan di tempat), petugas juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi pengunjung.

"Maka yang bersangkutan (seorang bersuhu 38,9° Celcius) kita amankan untuk diperiksa lebih lanjut ke Puskesmas Dinoyo. Ia tidak sadar memiliki suhu seperti itu. Artinya pada setiap komunitas dan aktivitas sosial kita tidak tahu, kita lagi berinteraksi dengan orang yang sehat atau lagi mengalami masalah kesehatan. Karenanya operasi ini juga untuk menekankan hal-hal yang berkaitan dengan protokol Covid-19," jelasnya.

Menurutnya, meski PSBB di Malang Raya diberlakukan satu putaran saja, tetapi operasi pendisiplinan tetap digalakkan. Hal tersebut, sebagai langkah untuk menekan angka penularan Covid-19. 

"Kata kuncinya disiplin, kalau kita semua disiplin dengan protokol Covid-19, saya optimis, New Normal sebagaimana disampaikan Pak Wali (Wali Kota Malang Sutiaji,) akan berjalan baik," tambahnya.

Baca Juga : Pasien Covid-19 Bertambah Jadi 28 Kasus, Bupati Sanusi Minta Warga Segera Lapor

Sementara itu, Camat Lowokwaru Imam Badar menambahkan berdasarkan informasi dari Puskesmas Dinoyo, jika hasil cek suhu dari yang bersangkutan mengalami penurunan.