Kondisi portal pos pengamanan pencegahan Covid-19 di perbatasan Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, dalam rangka penerapan physical distancing in village. (Foto: Istimewa)
Kondisi portal pos pengamanan pencegahan Covid-19 di perbatasan Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, dalam rangka penerapan physical distancing in village. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Lolosnya satu keluarga dari Lumajang berinisial BD (30), DW (24) dan seorang balita NA (3) yang dinyatakan positif Covid-19 ke wilayah Dampit, Kabupaten Malang. Dengan keperluan mudik lebaran, membawa persoalan terkait dugaan sebaran virus Covid-19 ke puluhan warga yang berinteraksi dengan keluarga tersebut.

Hal itu yang membuat Muspika Dampit segera melakukan beberapa tindakan kepada warganya. Yakni dengan merencanakan melakukan rapid test ke 29 orang yang berinteraksi secara langsung dengan keluarga dari Lumajang itu.

Baca Juga : Riset: Pisang Lokal Ini Punya Nutrisi 40-90 Kali Lipat Lebih Tinggi dari Pisang Impor

Selain hal itu, Muspika Kecamatan Dampit pun langsung melakukan rapat koordinasi. Salah satu hasilnya adalah kebijakan memperketat physical distancing in village di semua desa yang terdapat di wilayah Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

"Muspika Kecamatan Dampit dengan kejadian ini meningkatkan kewaspadaan yaitu dengan melaksanakan penyemprotan desinfektan, terus memperketat physical distancing in village antar desa," ucap Eko Wahyu Widodo Camat Dampit saat dikonfirmasi pewarta.

Selain itu, Muspika Kecamatan Dampit juga melakukan pendataan kepada seluruh warga yang melakukan interaksi dengan keluarga dari Kabupaten Lumajang tersebut.

"Mendata warga yang berinteraksi dengan pasien positif, mengusulkan untuk dilakukan rapid test ke Dinas Kesehatan dan isolasi mandiri untuk tidak keluar dari lingkungan situ," tegasnya.

Untuk penyemprotan desinfektan dilakukan di wilayah yang dikunjungi oleh satu keluarga dari Lumajang tersebut. Tepatnya dilakukan di wilayah Dusun Lambangsari RT. 40/RW. 06 dan Dusun Kampunganyar RT. 50/RW. 07 Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Baca Juga : Penambahan Covid-19 Jatim Lampaui Jakarta, Surabaya Penyumbang Terbanyak

Lebih lanjut untuk tindakan isolasi mandiri di rumah juga diimbau kepada seluruh warga, khususnya di wilayah dusun yang dikunjungi oleh satu keluarga tersebut. 

"Karantina mandiri kepada warga yang telah melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 selama 2 minggu (14 hari)," ujar Eko.

Sebelumnya juga info yang beredar bahwa rapid test akan dilakukan pada hari Kamis (28/5/2020) kepada warga yang berinteraksi dengan keluarga tersebut. Tetapi terdapat perubahan jadwal untuk wilayah Desa Majangtengah dilakukan rapid test pada hari Sabtu (30/5/2020) dan untuk Desa Sukodono dilakukan rapid test pada hari Senin (1/6/2020).