Penyerahan bantuan secara simbolis untuk pelaku seni dan kreatif di Kota Malang (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Penyerahan bantuan secara simbolis untuk pelaku seni dan kreatif di Kota Malang (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - 1.901 paket bantuan sosial (bansos) digelontorkan untuk pekerja seni dan kreatif terdampak covid-19 di Kota Malang. Bantuan diserahkan secara simbolis di halaman Mapolresta Malang Kota, Rabu (27/5/2020).

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, bantuan tersebut merupakan program kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dengan Polresta Malang Kota.

Baca Juga : Ada 8 Event Dicoret, Anggaran Rp 4,5 Disparta Batu Beralih untuk Tangani Covid-19

Dia pun berharap, bantuan sosial tersebut dapat meringankan beban para pelaku seni dan kreatif di Kota Malang yang terdampak pandemi covid-19. Karena pandemi covid-19 secara langsung telah memberi efek pada keberlangsungan ekonomi berbagai profesi, tanpa kecuali pekerja seni dan kreatif.

"Mudah-mudahan kegiatan semacam ini bukan hanya ketika ada musibah covid-19. Tapi kegiatan-kegiatan kemanusiaan, kebangsaan,  keamanan bukan hanya sektoral tapi ini adalah institusional," katanya.

Lebih jauh Sutiaji menyampaikan, pandemi covid-19 pada dasarnya juga memberi efek positif. Salah satunya adalah upaya mempersatukan seluruh elemen masyarakat. "Itulah sisi lain dari covid-19 mempersatukan kita semua, bahwa Tuhan menciptakan perbedaan, tapi di tengah perbedaan ada komitmen yang luar biasa," tegasnya.

Dia pun mengingatkan agar di tengah pandemi covid-19 masyarakat selalu menjaga jarak sosial dan menerapkan pola hidup sehat. Terlebih, Kota Malang juga telah menjadi pelopor berdirinya kampung tangguh sebagai upaya menghadapi segala persoalan di masa pandemi Covid-19 ini.

"Kampung tangguh binaan TNI, Polri dan kerjasama dari pemkot dan Perguruan Tinggi akan kita kuatkan," tambahnya.

Baca Juga : Antisipasi Surat Kerja Palsu untuk Hindari Pemeriksaan PSBB, Ini Upaya Polisi

Sehingga, lanjut Sutiaji, akan ada kesadaran dari masyarakat bahwa dalam kondisi seperti sekarang, masyarakat harus senantiasa menguatkan daya tahan tubuh dan memerangi covid-19. Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku seperti saat ini.

"Kita tidak bisa terus menerus ngumpet atau sembunyi di rumah yang nantinya juga mengakibatkan imun kita turun. Tapi kita percaya diri dengan pola hidup bersih, physical distancing seiring dengan itu perekonomian akan jalan," tambahnya.

Sebagai informasi, acara penyaluran bantuan tersebut dihadiri oleh Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji dan Kasdim 0833 Mayor Arh Heru Sunyoto.