Petugas saat melakukan rapid test di Kota Batu. (Foto: istimewa)
Petugas saat melakukan rapid test di Kota Batu. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Puskemas Batu tidak melayani pemeriksaan rapid test secara mandiri dan tidak mengeluarkan surat keterangan sehat untuk kelengkapan dokumen perjalanan tanpa membawa hasil rapid test Covid-19.

Larangan itu dilakukan agar tidak terjadi penyalahgunaan. “Karena memang alat-alat ini diperuntukkan hanya untuk mereka yang status ODR, OTG, ODP, dan PDP,” kata Kepala Puskesmas Batu, dr Kartini Kristalina.

Baca Juga : Rapid Test 33 Pedagang Sayur di Di Desa Sumberejo, Hasilnya 1 Orang Reaktif

Ia menambahkan, jika pihaknya tidak melayani hal tersebut. Sebab alat-alat tes cepat sangat diperlukan untuk menelusuri orang-orang yang berpotensi terpapar.

Bagi mereka yang ingin rapid test Covid-19 secara mandiri bisa dilakukan di rumah sakit yang melayani hal tersebut. Disarankan untuk datang ke RS rujukan atau yang ditunjuk sebagai RS pembantu penanganan Covid-19.

“Jika masyarakat ingin tes cepat secara mandiri bisa ke RS rujukan atau yang ditunjuk sebagai RS pembantu penanganan Covid-19,” imbuhnya.

Ia menambahkan, meski demikian harus membawa alat tes cepat sendiri, bukan dari instansi pemerintahan. Menurutnya di Kota Batu yang melayani tes cepat mandiri ada di RS Karsa Husada, RS Baptis, dan RS Bhayangkara. 

Baca Juga : Rapid Test Pedagang dan Pengepul Sayur Masih Berlangsung, 8 Ribu Pcs Segera Didatangkan

“Yang ingin rapid test mandiri bisa dilakukan di tiga rumah sakit tersebut,” tutupnya.