Kapolres Malang AKBP Hendri Umar saat merilis ungkap kasus pencurian sepeda motor di Desa Kasembon, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang di Mapolres Malang, Jumat (22/5/2020). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES)
Kapolres Malang AKBP Hendri Umar saat merilis ungkap kasus pencurian sepeda motor di Desa Kasembon, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang di Mapolres Malang, Jumat (22/5/2020). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Rekan tersangka FF (27) yang melakukan pencurian kendaraan sepeda motor (Curanmor) pada Selasa (12/5/2020) di wilayah Desa Kasembon, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang yakni MA (25) akhirnya tertangkap dan diamankan di Polres Malang.

Kapolres Malang AKBP Hendri Umar mengungkapkan bahwa tersangka MA (25) yang merupakan warga Desa Bulupitu, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang telah diamankan saat berada di kediamannya. 

"Waktu itu dari laporan anggota kami yang di lapangan ada gerak-gerik mencurigakan pelaku MA ini. Dan dari hasil pemeriksaan FF memang MA ini tinggal di sana. Akhirnya kami tangkap di sekitar kediamannya," ungkapnya saat rilis di depan lobby Mapolres Malang, Jumat (22/5/2020).

Setelah ditelusuri, Hendri menuturkan bahwa tersangka MA (25) ini belum pernah melakukan aksi curanmor dan terbilang masih pemula. MA mendapatkan ilmu mencuri dari FF (27) yang merupakan seniornya.

"Yang tertangkap di Bululawang merupakan residivis sebelumnya sudah pernah dilakukan proses hal yang sama. Yang kedua ini pemula jadi kayak semacam menurunkan ilmunya ini. Ini temannya mas. Jadi kayak penurununan ilmu dari senior ke junior," tuturnya. 

Tersangka MA sempat melarikan diri saat tersangka FF mengendarai sepeda motor curian dan kehabisan bensin yang juga sempat diamuk massa hingga kritis dan dibawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. 

"Dia merupakan anak didiknya. Dia sempat kabur saat melakukan aksi pencurian itu dan beberapa hari lalu kami amankan tersangka (MA)," ujar Hendri.

Untuk diketahui bahwa FF dan MA melakukan aksi pencurian sepeda motor di wilayah Desa Kasembon, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang pada hari Selasa (12/5/2020) dan berhasil membawa kabur sepeda motor yang di parkir di pinggir jalan oleh pemiliknya. 

Setelah berhasil membawa kabur, tersangka FF dan MA melarikan diri dengan berbeda arah untuk mengecoh korban dan warga yang sempat melihat aksi kedua tersangka tersebut. 

Namun nasib apes dialami FF, sepeda motor yang dicurinya kehabisan bensin dan FF kepergok warga dan akhirnya sempat diamuk massa sebelum pihak Polsek Bululawang datang ke TKP (Tempat Kejadian Perkara).