Tong sampah yang ada di bundaran tugu Kota Malang (istimewa)
Tong sampah yang ada di bundaran tugu Kota Malang (istimewa)

MALANGTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang mengimbau masyarakat tetap menjaga kebersihan saat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Tak hanya itu, DLH juga minta masyarakat memilah sampah mulai dari rumah.

Sebab, meski telah diterapkan PSBB masih banyak masyarakat berlalu lalang beraktivitas setiap hari. Hasilnya, masih banyak sampah berserakan. Petugas kebersihan pun dengan sigap membersihkan  jalanan di Kota Malang ini supaya terlihat bersih.

Baca Juga : DLH Imbau Masyarakat Lakukan Hal Positif saat Pandemi Covid-19, Ini Contohnya

Selain masih banyaknya sampah di jalanan, sampah dari rumah tangga juga banyak. Menurut DLH Kota Malang, justru banyak orang yang saat ini pesan makan dari rumah melalui online, sehingga sangat banyak sampah yang dihasilkan dari rumah tangga.

"Di jalanan itu masih banyak yang aktivitas, meskipun tidak seramai ketika normal. Tapi saat ini sampah juga banyak dihasilkan dari rumah tangga, karena orang-orang banyak yang pesan makan lewat online," ujar Kepala DLH Kota Malang, Rinawati.

Oleh karena itu, Rinawati berharap kepada masyarakat agar di masa PSBB ini sebisa mungkin untuk menjaga kebersihan. Apalagi pada pandemi Covid-19 ini, tentu imunitas tubuh akan membantu untuk menjaga dari serangan virus.

"Saya berharap masyarakat bisa menjaga kebersihan, ya kalau namanya sampah sebisanya dibuang di tempatnya," harapnya.

Baca Juga : Gas Buang Berkurang, DLH Kota Malang Sebut Malang Cukup Nyaman

Di sisi lain, Rinawati juga berharap agar masyarakat bisa memilah sampah dari rumah. Hal itu karena selain membantu tugas DLH, juga untuk sampah plastik bisa didaur ulang oleh masyarakat dan hasilnya bisa dimanfaatkan.

"Kalau masyarakat bisa memilah sampah dari rumah itu sangat bagus. Karena bisa di daur ulang lagi, atau minimal bisa menjadi pupuk kompos," imbuhnya.