Idul Fitri (Foto:   Top Gambar)
Idul Fitri (Foto: Top Gambar)

MALANGTIMES - Tinggal menghitung hari seluruh umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.  Hari Raya Idul Fitri merupakan momen di mana kita saling bermaaf-maafan.  

Meski tahun ini Idul Fitri akan dirayakan dengan suasana berbeda karena Covid-19, silatarahmi pun tetap bisa dilakukan.  Yakni dengan cara melakukan video call bersama keluarga yang jauh.  

Makna Idul Fitri sendiri tentunya disambut seluruh umat Islam dengan penuh suka cita.  Suasana mengumandangkan takbir pun menjadi salah satu momen yang menyenangkan.  

Selain itu, umat Muslim juga memaknai Idul Fitri sebagai 'kembali ke fitrah' Hal itu diartikan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kemenangan besar saat menjalankan ibadah puasa.  

Lantas apa sebenarnya makna umat Muslim kembali pada fitrahnya?  

Berikut rangkumannya dilansir melalui berbagai sumber: 

Dapat dijabarkan Idul Fitri adalah hari kemenangan dimana umat Muslim merayakan dengan kembali 'buka puasa' atau makan.  Oleh sebab itu disunnahkan sebelum Salat Idul Fitri untuk makan atau minum.  

Hal tersebut sebagai tanda bulan Ramadan sudah berakhir.  

Bagi seorang muslim yang kembali kepada fitrahnya akan memiliki sikap sebagai berikut:  

1. Istiqomah dalam memegang agama tauhid yakni Islam,  

Mereka tetap akan berkeyakinan bahwa Allah SWT maha Esa dan hanya kepadanya kita memohon. 

2. Dalam kehidupan sehari-hari mereka akan selalu berbuat dan berkata yang benar, walau kaana murron meskipun perkataan itu pahit. 

3. Berlaku sebagai hamba Allah SWT yang selalu taat dan patuh kepada perintah-Nya.