Covid-10 (Foto:   LBH Jakarta)
Covid-10 (Foto: LBH Jakarta)

MALANGTIMES - Adanya pandemi Covid-19 membuat banyak masyarakat merasa khawatir. Terlebih lagi, hingga kini, kasus postifi Covid-19 di Indonesia sendiri sudah mencapai 20.162.  

Diketahui ketersediaan alat kesehatan seperti penguji Covid-19, rapid test ataupun PCR masih menjadi masalah di beberapa negara. Termasuk salah satunya yakni Indonesia.  

Namun, siapa sangka ada alat khusus yang bisa mendeteksi Covid-19 melalui handphone.  

Dilansir melalui Techspot, alat tersebut dibuat oleh tim University of Utah, Amerika Serikat.  

 

Pendeteksi Corona
Alat pendeteksi Covid-19 (Foto: IST)



Saat itu mereka membuat sebuah proyek yang awalnya digunakan sebagai pendeteksi virus Zika yang heboh pada 2016.  Alat tersebut kini dimodifikasi sehingga bisa mendeteksi Covid-19.  

Dikatakan alat itu dibuat dengan ide agar orang-orang bisa mendeteksi Zika di tempat yang mereka datangi.  

"Kami memulai proyek ini sekitar 12 bulan lalu. Ide utamanya adalah agar orang-orang mempunyai alat pendeteksi Zika agar bisa dipakai untuk mendeteksi di tempat yang mereka datangi. Kini rencananya adalah untuk mengubahnya agar bisa mendeteksi COVID-19," ujar Profesor Massood Tabib-Azar. 

Alat ini disebut lebih nyaman untuk digunakan dibanding rapid-tes ataupun PCR.  Penggunaanya pun cukup mudah, yakni dengan meniup, batuk bernapas, atau bersin agar liur bisa menempel di bagian sensornya.  

Selain itu pengguna juga bisa menguji keberadaan virus dari sebuah objek dengan mengolesnya memakai alat dan meletakkan sampelnya ke dalam sensor.  

Nantinya alat tersebut akan terhubung dengan ponsel melalui Bluetooth dan mengambil daya port charger.  

Jika nanti terditeksi ada virus Covid-19, maka sebuah strand tunggal DNA bernama aptamers yang di sensor akan mengikat protein.