Pedagang pasar saat dilakukan test petugas menggunakan APD di Pasar Besar Kota Batu, Kamis (21/5/2020). (Foto: istimewa)
Pedagang pasar saat dilakukan test petugas menggunakan APD di Pasar Besar Kota Batu, Kamis (21/5/2020). (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Sebelum didapati tukang ojek Pasar Besar Kota Batu konfirm atau positif Covid-19, Pemkot Batu memang telah merencanakan dilakukan rapid test kepada pedagang. Ya pada Kamis (21/5/2020) akhirnya rencana itu terwujud, dan hasilnya 4 orang pedagang reaktif positif.

“Betul hari ini (Kamis) dilakukan rapid test bagi pedagang Pasar Besar Kota Batu,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Baca Juga : PDP di Kota Batu Meninggal setelah Sehari Jalani Perawatan, Punya Riwayat Sesak Napas

Totalnya ada 313 pedagang yang diperiksa, sejak pagi para pedagang sudah mengantre untuk dilakukan rapid test. Para pedagang pun mengantre dengan menggunakan masker dan physical distancing.

Setelah 313 orang pedagang diperiksa, hasilnya 4 orang reaktif positif. Bagi pedagang mendapati hasil reaktif positif, dilakukan isolasi mandiri.

“Tentunya bagi mereka yang isolasi mandiri, tidak berjualan selama 14 hari ke depan. Dan harus displin dalam menjalankan protokol kesehatan,” imbuhnya.

“Selain itu selama pedagang ini isolasi mandiri, petugas dari Dinas Kesehatan Kota Batu akan mengecek kondisinya setiap hari,” jelas Chori.

Baca Juga : Tukang Ojek di Pasar Kota Batu Jadi Pasien Konfirm Covid-19 ke-8

Rapid test itu dilakukan kepada pedagang, lantaran temuan adanya kasus Covid-19 di pasar tradisional pada sejumlah daerah. Melihat para pedagang atau pengepul sayur melakukan perjalanan Batu-Malang.