MALANGTIMES - Menjelang Idul Fitri, masyarakat lapisan bawah kadang merasa nelangsa. Pasalnya, saat banyak orang berduyun-duyun berbelanja baju dan kue-kue Lebaran, mereka hanya bisa gigit jari lantaran keterbatasan keuangan. Ditambah pandemi covid-19 yang menyerang saat Ramadan seperti saat ini, justru semakin memperparah keadaan. 

 

Melihat hal tersebut, Wasekjen DPP REI Malang Drs Tri Wedianto MSi bergerak cepat untuk turut serta ambil bagian dengan membagikan sembako kepada warga sekitar Kelurahan Purwodadi yang membutuhkan, Minggu (17/5). Seperti tahun-tahun sebelumnya, pembagian ratusan paket sembako dilakukan di kediaman Tri Wediyanto di kawasan Jalan Ikan Piranha. 

Baca Juga : DIY Parcel Unik Buat Rekan Kerja atau Keluarga, Pakai Barang yang Simpel tapi Berguna

 

Meskipun kegiatan santunan ini menjadi agenda rutin tahunan keluarga direktur PT Kharisma Karangploso itu, pembagian kali ini sedikit berbeda. Jika tahun sebelumnya dibarengi dengan buka bersama dengan duafa dan anak yatim di kediamannya, tahun ini ayah tiga anak tersebut hanya membagikan sembako. 

Yang menjadi sasaran adalah duafa di lingkungan tempat tinggalnya dan masyarakat terdampak covid-19 di beberapa daerah di Malang Raya. “Kami bagikan sembako seperti pada umumnya. Ada minyak, beras, mi instan dan gula. Hanya, tahun ini akan lebih banyak yang kami distribusikan. Tidak hanya warga sekitar rumah, tapi juga di luar daerah Kelurahan Purwodadi. Sebab, jujur saja pandemi ini sudah jadi bencana global. Banyak yang kehilangan mata pencaharian dan jauh lebih parah daripada krismon (krisis moneter),” ungkap Tri. 

Dia juga mengatakan, pemerataan pembagian sembako ini juga merupakan wujud kepeduliannya terhadap warga terdampak covid-19 yang ada di Malang Raya. “Di tengah keterbatasan karena pandemi global ini, saya tetap berusaha memberikan hak-hak mereka. Di dalam rezeki saya, ada rezeki mereka yang membutuhkan yang harus segera saya berikan,” ujarnya. 

Masih di momen yang sama, salah seorang penerima sembako, Sri Hartatik, warga RT 08 RW 03 Kemirahan, menyampaikan rasa syukurnya karena merasa cukup terbantu dengan adanya bantuan sembako di tengah pandemi covid seperti saat ini.  

“Ya jadi agak sulit, tidak bisa ngapa-ngapain. Apalagi saya sudah tua. Jadi, dengan adanya sembako dari Pak Tri, saya sangat bersyukur. Mudah-mudahan Pak Tri sekeluarga diberikan kebahagiaan, sehat. selalu dimurahkan rezekinya dan calon cucu barunya juga sehat sampai lahir,” ungkapnya.  

Baca Juga : Viral Video 2 Pria di Surabaya Bagi Mi Instan Berisi Uang di Tengah Pandemi Covid-19

 

Dalam kesempatan tersebut, Tri juga berpesan kepada masyarakat agar menyisihkan rezekinya untuk berbagi kepada yang membutuhkan. “Saya berpesan kepada masyarakat yang kelebihan rezeki, ini kesempatan untuk bisa berbagi karena banyak yang membutuhkan. Sedangkan mereka tidak bisa hanya mengandalkan uluran tangan pemerintah,” ucap dia.

Dalam momen tersebut PT Kharisma Karangoloso Peduli Dampak Covid 19 bekerjasama dengan Karangtaruna setempat juga membagikan bantuannya ke wilayah RW 03 Kelurahan Cempokomulyo, Kepanjen, Kabupaten Malang pada Kamis (21/5), kemarin.