Petugas kebersihan saat melakukan tugasnya (Hendra Saputra)
Petugas kebersihan saat melakukan tugasnya (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Menjelang hari raya Idulfitri 2020, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang akan tetap melakukan pemantauan kebersihan. Hal itu mengingat nantinya jika kemungkinan salat berjamaah masih akan dilaksanakan.

Kondisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan Malang Raya tak membuat jalanan di Kota Malang sepi. Hal itu terlihat dari setiap jengkal jalan protokol di Kota Malang juga kerap dijumpai lalu lalang kendaraan bermotor.

Baca Juga : Dilarang Halal bi Halal dan Takbir Keliling, Sanusi Minta Warga Silahturahmi Pakai HP

Karena aktivitas yang bisa dikatakan tidak jauh berbeda dari sebelumnya, DLH Kota Malang mengantisipasi dengan terus bertugas meski di tengah PSBB dan hari raya Idulfitri.

"Tugas kami kan pelayanan kepada masyarakat, jadi untuk petugas kebersihan kemungkinan masih masuk seperti biasa. Tapi sudah ada jadwalnya, mana yang stay dulu mana yang setelah salat lalu kembali bekerja," ujar Kepala DLH Kota Malang, Rinawati.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) DLH Kota Malang Joao Maria Gomes de Carvalho atau yang akrab disapa Joe mengaku ada beberapa titik yang terus diingat karena sering digunakan untuk salat berjamaah.

"Masjid Jami' itu Alun-alun nya kan sering digunakan salat, lalu Sabilillah, Jalan Jaksa Agung Suprapto dan Jalan Mayjend Pandjaitan itu tahun sebelumnya pasti kami lakukan monitoring disitu," kata Joe.

Menurut Joe, sampah koran yang digunakan sebagai alas untuk salat itu yang biasanya menggangu pemandangan sehingga petugasnya harus tetap siaga meski di hari raya Idulfitri.

"Intinya pasukan sudah siap untuk bertugas, tapi tidak ada persiapan khusus karena petugas kebersihan sudah tahu semua," imbuh Joe.

Baca Juga : Pemkot Malang Resmi Larang Salat Ied di Lapangan dan Masjid

Disisi lain, ada kabar bahwa salat Idulfitri berjamaah tidak dilaksanakan mengingat bahaya penyebaran Covid-19 di Malang Raya. Oleh karena itu, Joe mengatakan bahwa ada atau tidak adanya salat berjamaah, petugas kebersihan akan tetap siaga untuk membuat Kota Malang selalu bersih.

"Kalau tidak ada shalat berjamaah, kami tetap bertugas. Karena itu kewajiban kami meski ada PSBB dan tepat di hari raya Idulfitri," pungkasnya.