Ilustrasi kejahatan siber. (nextrendotgriddotid)
Ilustrasi kejahatan siber. (nextrendotgriddotid)

MALANGTIMES - Copet tak hanya terjadi di  dunia nyata. Di dunia maya juga terdapat copet yang dikenal copet digital (codi). Namun, sasaran codi ini bukan dompet seperti dalam dunia nyata, melainkan akun-akun medsos maupun data-data pribadi seseorang.

Saat ini, telah banyak oknum tak bertanggung jawab melakukan aksi tersebut. Bahkan cara yang dilakukan beragam, mulai dari berpura-pura mengirimkan email yang seakan dari instansi resmi maupun menyebar Ransomware lewat situs yang banyak diakses.

Baca Juga : 7 Aplikasi Pelacak Virus Covid-19, Dua di Antaranya Buatan Indonesia

Terlebih lagi seperti saat ini, berkaitan kata dengan kandungan covid-19 banyak diakses masyarakat, rentan untuk disusupi Ransomware atau program perampok data. Maka dari itu, para pemilik akun media sosial harus lebih berhati-hati dalam mengamankan akunnya untuk menghindari kejahatan tersebut.

Nah berikut ini terdapat tips menghindari codi, khususnya untuk Instagram yang saat ini jadi media sosial yang populer,, dilansir dari @ccicpolri, akun Instagram resmi Ditpidsiber Bareskrim Polri.

1. Pastikan Password  Telah Kuat dan Tak Diketahui Orang Lain

Saat membuat password, gunakan kombinasi rumit namun mudah untuk diingat. Kepastian password kuat atau tidak bisa dilihat di informasi indikator yang tersedia. Jika tertulis weak alias lemah atau medium, jangan langsung menge-save. Ubah lagi kombinasi password hingga muncul tulisan strong.

2. Aktifkan Two Factor Authentification (TFA)

TFA merupakan fitur pengamanan yang disiapkan banyak penyedia aplikasi, termasuk Instgaram. Hal ini untuk menambah keamanan akun jika diakses pada perangkat smartphone atau komputer yang tidak dikenali.

3, Rutin Ganti atau Update Password

Baca Juga : Tokopedia Dikabarkan Diretas, Data 15 Juta Lebih User Bocor!

Sempatkanlah waktu untuk meng-update password Instagram. Sebab, jika  lama atau jarang di-update, password akan menjadi lemah dan rentan untuk di-hack.

4. Jangan Tampilkan Informasi Penting pada Profil

Setelah langkah di atas dilakukan, hal ini juga merupakan faktor penting dalam menjaga keamanan akun. Jaga kerahasiaan akun email dan passowrd-nya. Jangan tampilkan email ataupun nomor HP  yang digunakan untuk TFA. Sekali diketahui, akun Anda rentan dicopet.