Tersangka HYS (17) saat diamankan di Mapolres Malang, Sabtu (16/5/2020) malam. (Foto: Humas Polres Malang for MalangTimes)
Tersangka HYS (17) saat diamankan di Mapolres Malang, Sabtu (16/5/2020) malam. (Foto: Humas Polres Malang for MalangTimes)

MALANGTIMES - Tersangka kasus pembunuhan di Dusun Sipon, Desa Talangagung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, HYS (17) ternyata sempat akan pergi ke daerah Banyuwangi untuk kabur. 

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Malang AKBP Hendri Umar. Dimana dirinya mengatakan, sebelumnya HYS akan pergi menuju Banyuwangi untuk melarikan diri dari perkara pembunuhan ini. Tetapi belum sampai berangkat, HYS ditangkap SatReskrim Polres Malang.

Baca Juga : Niat Cari Untung Rentalkan Mobil, Warga Pakis Malah Gigit Jari

"Dia sudah sempat berniat kabur ke Banyuwangi, tapi alhamdulillah belum sampai berangkat sudah di tangkap terlebih dahulu oleh pihak SatReskrim Polres Malang," ungkapnya saat rilis di depan lobby Mapolres Malang, Senin (18/5/2020).

Sebelum penangkapan, HYS ijin kepada orang tuanya akan pergi ke Banyuwangi untuk kabur dari kasus ini. Tapi dilarang oleh orang tuanya dan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Sebelumnya, dia (tersangka HYS) sudah pamit berangkat ke Banyuwangi sama bapaknya, tetapi dilarang dan tidak diperbolehkan. Harus mempertanggungjawabkan perbuatannya," ujar Hendri saat rilis.

Secara kebetulan juga, pihak keluarga dari tersangka memiliki kedekatan dengan beberapa anggota kepolisian Polres Malang dan terus dilakukan komunikasi antara pihak kepolisian dan keluarga.

"Kemudian akhirnya karena kebetulan setelah ditelusuri ternyata keluarga dari tersangka ini adalah dekat dengan salah satu anggota kami. Bahkan secara proaktif di komunikasikan antara anggota buser reskrim dengan pihak keluarga, akhirnya diamankan lah tersangka ini dirumahnya," jelas Hendri.

Baca Juga : Terkait Kasus ABK Indonesia di Kapal China, Polisi Tetapkan 3 Agen sebagai Tersangka

Hendri menuturkan, bahwa komunikasi dilakukan dengan kooperatif antara pihak orang tua tersangka dengan jajaran Sat Reskrim Polres Malang. Akhirnya tanpa perlawanan tersangka diamankan dan dibawa ke Mapolres Malang untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.