MALANGTIMES - Kabar gembira dari pasien konfirm positif Covid-19 ke-3 yang berasal dari Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Setelah menjalani 4 kali swab, akhirnya hasil menunjukkan negatif dari virus Covid-19, Jumat (15/5/2020). 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, M. Chori mengatakan, hasil negatif itu didapatkan setelah melakukan swab ke-3 dan ke-4. Sebab sebelumnya hasil swab ke-2 menunjukkan positif.

Baca Juga : Masih Sangat Minim, Baru 0,003 Persen Warga Kota Surabaya Jalani Rapid Test

“Semula nenek usia 75 tahun, berdasarkan hasil swab ke-1 negatif, dilakukan swab ke-2 hasilnya positif. Selanjutnya untuk penegakan diagnosa perlu dilakukan 2 kali swab,” katanya.

“Setelah dilakukan dua kali swab yaitu swab ke-3 dan k-4, alhamdulilah hasilnya negatif sehingga dinyatakan sembuh, pada Jumat,” tambah Chori. 

Dengan demikian kasus konfirm positif Covid-19 di Kota Batu pasien sembuh ada 2 orang, sebelumnya adalah warga Desa Pesanggarahan, Kecamatan Batu.  Sedangkan 4 pasien lainnya masih menjalani perawatan di RSU Karsa Husada. Dan satu orang meninggal.

Diberitakan sebelumnya, pasien konfirm ke-3 adalah pasien Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masuk pada 17 April 2020 lalu. Nenek itu didiagnosa juga memiliki penyakit penyerta CFH (gagal jantung kongestif) dan pneumonia berat.

Kemudian pada 21 April pasiem dibolehkan pulang karena klinis sudah membaik. Tapi setelah hasil test swab menunjukkan positif, dan dilakukan evakuasi  oleh petugas untuk menjalani perawatan di RSU Karsa Husada. 

Sedangkan kasus covid-19 di Kota Batu pada Jumat hingga 15.00, jumlah ODR (orang dengan risiko) hingga saat ini mencapai 2110 orang. Rinciannya, 372 orang sedang dipantau dan 1738 selesai pemantauannya.

Baca Juga : Berobat Karena Sinusitis, Pria Asal Malang Ini Malah Tertular Covid-19

Kemudian orang tanpa gejala (OTG) dan masih dalam pemantauan sebanyak 226 orang. Rinciannya, 55 orang sedang dipantau dan 171 selesai pemantauannya.  

Lalu ODP (orang dalam pengawasan) saat ini tercatat ada 263 orang. Dengan rincian 66 orang masih dipantau dan 197 orang sudah selesai dipantau.