Tim PJU DPUPRPKP Kota Malang yang tengah memperbaiki lampu PJU yang rusak (Ist)
Tim PJU DPUPRPKP Kota Malang yang tengah memperbaiki lampu PJU yang rusak (Ist)

MALANGTIMES - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasa Permukaan (DPUPRPKP) Kota Malang, terus bekerja di tengah pandemi Covid 19. 

Hal ini terlihat dari rutinnya para pegawai DPUPRPKP Kota Malang dalam melakukan monitoring Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Malang setiap hari.

Baca Juga : Wabah Covid-19 dan Puasa, Satgas Dinas PU Tetap Semangat Bersihkan Gorong-Gorong

Sekretaris DPUPRPKP, Kota Malang, Sumardi menjelaskan, jika setiap harinya, tim dari DPUPRPKP Kota Malang turun ke lapangan memantau seluruh titik PJU yang jumlahnya ribuan.

Selain melakukan monitoring, tim juga melakukan penanganan terhadap keluhan atau laporan masyarakat 
terkait PJU di Kota Malang.

"Untuk perbaikan sedang atau berat tiap hari selalu ada. Dan jumlah laporan juga perhari juga berbeda-beda," ungkap pria berkacamata ini.

Seperti beberapa waktu lalu, terdapat laporan kerusakan PJU di Jalan Bantaran dan juga Jalan Sri Rahayu. Dimana PJU rusak karena konektor terbakar, langsung segera diperbaiki oleh tim PJU.

"Tim ini selalu standby setiap ada laporan masyarakat," jelasnya.

Dalam sehari, bisa terdapat dua sampai tiga laporan masyarakat terkait PJU. Laporan itu tak menuggu lama langsung ditindaklanjuti oleh petugas yang turun ke lapangan. Bilaman bisa dikerjakan langsung, petugas akan langsung menyelesaikan pada hari itu juga.

"Tapi kalau misalkan perbaikan membutuhkan alat yang mungkin harus pengadaan dulu, tentu harus butuh proses dulu," bebernya.

Baca Juga : 6 Tahun Tertunda, Jembatan Kedungkandang Siap Dibangun Pekan Depan

Sementara itu, untuk para personil atau tim teknis perbaikan yang ada di DPUPRPKP Kota Malang, terdapat tiga tim. Tim-tim tersebut masing-masing terdiri atas enam orang.

"Mereka itu yang selalu berkeliling memonitor PJU, dengan membawa peralatan lengkap, seperti Truk Skylift dan juga peralatan kelengkapan lainnya," terangnya.

Pihaknya berharap, dengan rutinnya monitoring PJU kota Malang, bisa mewujudkan Malang menjadi kota yang terang benderang dan bebas dari titik-titik gelap di berbagai wilayah Kota Malang.