Tips Hadapi Masa Sulit, Dosen UIN Malang: Baca Ar-Rum dan Temukan Optimisme di Al-Qur'an

May 13, 2020 07:35
Diskusi tematik "Al-Qur'an dan Optimisme" dalam acara Syiar Ramadhan 1441 H UIN Malang. (Foto: istimewa)
Diskusi tematik "Al-Qur'an dan Optimisme" dalam acara Syiar Ramadhan 1441 H UIN Malang. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Kata orang, hidup ini bagaikan roda. Terkadang di atas, terkadang di bawah. Terkadang bahagia, terkadang susah. 

Berada di atas maupun di bawah, kita harus pantang menyerah. Hidup harus tetap optimis. Sikap inilah yang juga diajarkan oleh Al-Qur'an.

Baca Juga : Demi Memerdekakan Diri, Budak ini Rela Bunuh Paman Rasulullah

Banyak sekali ayat-ayat dalam Al-Qur'an yang mendorong sikap hidup optimisme. Salah satunya yang biasa kita ucapkan sehari-hari, yakni membaca basmalah setiap akan memulai pekerjaan.

Hal ini disampaikan oleh Dosen Sastra Inggris Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) Dr Syafiyah MA.

"Setiap memulai pekerjaan kita dianjurkan untuk membaca basmalah," ujarnya.

Syafiyah bersama 3 dosen UIN Malang lainnya menjadi narasumber dalam diskusi tematik "Al-Qur'an dan Optimisme" pada acara Syiar Ramadhan 1441 H UIN Malang. Acara yang disiarkan setiap hari ini digelar di hall Rektorat UIN Malang. 

Jumlah peserta yang datang terbatas dan tetap memperhatikan physical distancing. Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg bertindak langsung sebagai host.

"Jadi ketika kita mengucapkan basmalah terkandung di dalamnya, Allah penyayang, Allah pengasih, Allah lah yang akan menolong kita dan semuanya akan baik-baik saja," timpal Prof Haris.

Sementara itu, Dosen Pendidikan Bahasa Arab Dr Uril Bahruddin MA menyampaikan bahwa seluruh ayat-ayat Al-Qur'an itu berbicara tentang optimisme.

"Tidak ada satu ayat pun yang tidak bicara tentang optimisme," tegasnya.

Misal, alhamdulillahirobbilalamin. Kata-kata al alamin itu, menurut Uril, sesungguhnya kita diminta oleh Allah untuk memiliki wawasan yang luas sekali. Dan orang yang punya wawasan yang luas berarti dia adalah orang yang punya optimisme yang luar biasa.

"Jadi hidupnya bukan sempit, ada di kamarnya, di rumahnya, di kampusnya sendiri, melainkan luas sekali," sambungnya.

Al-Qur'an juga memberitahukan kepada kita bahwa hidup ini tidak selesai dengan dunia, masih ada lagi rangkaian kehidupan lain, yaitu akhirat. Nah, karena itulah manusia tidak boleh pesimis.

Baca Juga : Ini Dia Rahasia Hidup Bahagia Menurut Ulama Sufi, Dikisahkan Pakar Tarbiyah UIN Malang

"Karena hidup ini tidak selesai dengan dunia ini saja, tapi masih ada lagi rangkaian kehidupan yang lain, dan begitulah Al-Qur'an, hampir seluruhnya bercerita tentang masalah-masalah optimisme," paparnya.

Uril lalu menceritakan salah satu kisah dari Surat Ar-Rum yang mencontohkan bahwa Al-Qur'an memberikan optimisme kepada umat Islam pada zaman itu.

"Waktu itu umat Islam dalam kondisi sangat sangat tidak berdaya. Tapi kemudian Allah memberikan inspirasi, memberikan optimisme, bahwasanya 'Kalian umat Islam yang sekarang tidak berdaya, Romawi itu nanti akan kalah, bertekuk lutut di hadapan kalian'. Padahal, waktu itu Romawi super power," bebernya.

Masih kata Uril, Rasulullah SAW juga salah pribadi yang optimis, selalu memberikan kabar gembira, tidak menakutkan, dan juga memberikan sebuah optimisme di masa yang akan datang.

Selain Syafiyah dan Uril, terdapat 2 narasumber lain dalam diskusi ini, yaitu Dosen Pendidikan Bahasa Arab Dr Syuhadak MA dan Dosen Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Dr Sri Harini MSi.

Untuk itu, membaca Al-Qur'an dengan menyelami maknanya bisa dilakukan untuk membangun optimisme terutama menghadapi masa-masa sulit, misalnya selama pandemi Covid-19 ini.

"Jadi, Al-Qur'an memberi harapan yang luar biasa karena hampir semua ayatnya memberi harapan manusia untuk hidup optimis, tidak boleh pesimis," pungkas Prof Haris menyimpulkan.

Topik
MalangBerita Malangberita malang hari iniTips Hadapi Masa SulitDosen UIN MalangOptimisme di Al QuranDr Syafiyah MADosen Sastra Inggris Fakultas Humaniora

Berita Lainnya

Berita

Terbaru