Salah satu sajian legendaris Khong Guan. (Foto: Shopee)
Salah satu sajian legendaris Khong Guan. (Foto: Shopee)

MALANGTIMES - Lebaran tak akan lengkap rasanya jika tanpa kehadiran kue-kue untuk kita nikmati maupun untuk sajian tamu. Sajian kue-kue lebaran setiap lebaran umumnya hampir selalu sama. Namun demikian, kehadirannya selalu dinantikan setiap tahunnya.

Terdapat dua tipe orang dalam menyajikan kue lebaran, ada yang membeli dan ada yang membuatnya. Dua-duanya sah-sah saja. Tetap membuat mulut tak kuasa untuk menolak memakannya.

Baca Juga : Cake Kampanye Diabetes, Bikin Auto Bye Bye Makanan Manis Nih

 

Nah, berikut 10 sajian legendaris yang selalu kita temui pada saat lebaran.

1. Nastar


Nastar merupakan salah satu kue kering lebaran yang paling banyak dicari. Kue kering ini kerap membuat orang tak berhenti memakannya. Nastar terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, dan telur yang diisi dengan selai buah nanas atau cokelat atau rasa lainnya. 

2. Kaasstengels


Sama halnya seperti nastar, kaasstengels pun juga kerap membuat kita tak bisa berhenti mengunyahnya. Kue kering ini juga banyak dicari di saat lebaran. Kaasstengels adalah kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. Kue ini berbentuk persegi panjang, panjangnya sekitar 3-4 cm dan lebarnya 1 cm, dan dipanggang di dalam oven hingga kuning keemasan. Rasanya nagih dan lumer di mulut.

3. Putri Salju


Kue lebaran legendaris ini bentuknya sangat indah. Kue kering ini berbentuk bulan sabit, di atasnya diselimuti dengan gula halus seperti salju. Kue putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, tepung maizena, mentega dan kuning telur yang dipanggang di dalam oven sampai matang dan di atasnya diselimuti dengan gula halus. Kue ini sangat cocok untuk kamu yang senang manis-manis. Eits! Hati-hati ya buat yang giginya bolong!

4. Kue Rambutan


Meskipun namanya kue rambutan, kue ini tidak dibuat dari bahan dasar buah rambutan. Malahan, penuh dengan coklat meses. Bentuknya bulat seperti buah rambutan dan dijamin disukai oleh anak-anak. Kue rambutan dibuat dari tepung terigu, gula halus, telur, isiannya berupa coklat, bagian luarnya dilapisi coklat, lalu ditaburi meses.

5. Sagu Keju


Kue ini juga menjadi favorit banyak orang dan wajib hadir di saat lebaran. Kue ini banyak diminati karena bentuknya yang cantik, rasanya yang sangat renyah, bertekstur lembut, dan lumer seketika saat di mulut. Kue ini dibuat dari tepung sagu tani, kuning telur, gula halus, santan, keju, butter atau margarin, dan daun pandan.

6. Semprit Dahlia


Kue jadul ini juga seakan tidak akan lekang oleh zaman. Bentuknya cantik dan simpel. Semprit dahlia terbuat dari margarin, mentega, gula halus, kuning telur, tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan topping sesuai selera (bisa choco chips, selai strawberry, atau yang lain).

7. Kue Kacang


Kue kacang tentu tak boleh dilupakan dalam deretan kue legendaris lebaran. Kue kacang ini bentuknya beragam, ada yang bulat, hati, bintang, bulan sabit, dan lain-lain. Bahan dasarnya adalah kacang tanah, lalu ada tepung terigu, kuning telur, gula halus, dan mentega.

8. Astor


Bukan sebenar-benarnya astor. Namun, nama astor kini sudah menjadi sebuah nama generik untuk menyebut nama makanan berbentuk bulat panjang berisi coklat dan dikemas di dalam toples. Wafer stik yang disebut masyarakat sebagai astor ini juga menjadi favorit anak-anak saat hari raya. Oya! Ada sensasi tersendiri lho ketika kita berhasil mendapatkan astor yang diplastikin di tengah toples Astor!

9. Monde


Biskuit monde termasuk kue legendaris yang menjadi primadona di saat hari raya. Meskipun tidak ada toping meses atau coklatnya, lidah kita akan terselamatkan dengan butter-nya yang nagih. Psst! Harganya agak sedikit mahal jika dibandingkan biskuit lain.

10. Khong Guan dan Khong Guan Isi Rengginang


Dari sekian banyak sajian di hari raya, Khong Guan tak akan pernah luput perhatian. Pertama, terdapat gambar lukisan pada kaleng tersebut yang menampakkan seorang ibu dengan dua anak laki-laki dan perempuan berada di sebuah meja, menyantap kue. Sang ibu lantas menghidangkan minuman menyerupai teh atau kopi. Dari tahun ke tahun, masyarakat terus menebak-nebak di mana sang ayah berada.

Kedua, isinya adalah berbagai variasi biskuit, mulai dari krackers, cookies, wafer, shortcake biskuit, wafer, dan cream filled sandwich. Tapi bukan rahasia umum dari sekian banyaknya biskuit yang ada, paling favorit adalah wafer. Salah satu to do list lebaran hari pertama yang wajib dilakukan adalah mencari waffer yang masih dibungkus plastik dalam kaleng biskuit Khong Guan ini.

Ketiga, tak jarang di beberapa rumah isi kaleng Khong Guan bukanlah biskuit-biskuit. Melainkan rengginang! Karena itu, kadang ketika akan membuka kaleng Khong Guan harus menyiapkan mental. Namun demikian, tak dapat biskuit Khong Guan dan dapat rengginang pun tak apa. Rengginang merupakan kerupuk yang sangat sedap dan renyah untuk dinikmati. Cemilan gurih yang juga tak kalah nagih!

Baca Juga : Dessert Indochina Ala SaigonSan Restaurant, Mulai Boba hingga Pisang Goreng Kekinian

 

Selain 10 sajian kue di atas, apa lagi sajian yang wajib ada di rumah kalian saat lebaran?