Petugas saat melakukan penutupan terpal pada tebing yang longsor Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Jumat (8/5/2020). (Foto: istimewa)
Petugas saat melakukan penutupan terpal pada tebing yang longsor Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Jumat (8/5/2020). (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Kondisi tanah yang labil saat hujan dengan intensitas tinggi membuat bencana tebing longsor di Dusun Lemah Putih, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Jumat (8/5/2020). Tanah yang longsor itu dengan dimensi setinggi 9 meter dan panjang 25 meter. 

Baca Juga : Hendak Buang Sampah, Kakek di Sukun Hanyut di Sungai Brantas

Kondisi tersebut membuat satu rumah terancam terkena longsor. Rumah itu diketahui milik Ngateman.

Mengetahui hal tersebut, warga setempat melaporkan kejadian ke tim Penanggulangan Bencana Daerah Kota Batu. Petugas gabungan pun meluncur ke lokasi melakukan evakuasi. Antara lain, petugas dari Penanggulangan Bencana Daerah Kota Batu, Agen Bencana Provinsi Jawa Timur, Garda Relawan, Perangkat Desa dan warga setempat.

Tim pun melakukan penutupan area longsor dengan menggunakan terpal. Penutupan itu dilakukan untuk menghindari adanya longsor susulan.

Baca Juga : #BuSusi Trending! Respons Susi Pudjiastuti Soal Jenazah ABK Indonesia Dibuang ke Laut

Kasi Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan, longsor itu terjadi lantaran hujan dengan intensitas tinggi melanda Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji saat itu.

“Hujan dengan intensitas tinggi, lalu kondisi tanah yang labil sehingga terjadi tanah longsor,” katanya. Ya hujan yang terjadi di Kota Batu beberapa saat itu cukup deras.