Pertimbangkan Sisi Ekonomi, La Liga Akan Kembali Digelar

May 05, 2020 19:55
La Liga (istimewa)
La Liga (istimewa)

MALANGTIMES - La Liga akan kembali digelar pada bulan Juni dengan mempertimbangkan aspek ekonomi masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Rencananya, klub-klub akan kembali berlatih pada minggu ini setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Kesehatan Spanyol.

Baca Juga : PSSI Klarifikasi Stigma Negatif Tentang Nepotisme

Masa pandemi Covid-19 membuat sejumlah kompetisi sepak bola di Eropa harus terhenti. Hal itu juga berpengaruh kepada ekonomi masyarakat yang melemah karena perputaran uang juga tidak terjadi.

Karena aspek tersebut, La Liga akhirnya memutuskan untuk kembali menggelar kompetisi. Namun untuk latihan yang dilakukan klub peserta kompetisi, La Liga tetap menganjurkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang telah disusun oleh ahli medis di negeri matador itu.

Menurut presiden La Liga Javier Tebas, pesepakbola profesional yang kembali bekerja akan berjalan seiring dengan pemulihan sektor ekonomi yang sangat signifikan yang menyumbang 1,37% produk domestik bruto dan menciptakan 185.000 pekerjaan.

Selain itu, Javier juga mengungkapkan bahwa ini adalah saat yang tepat untuk memulai kompetisi ketika situasi ekonomi negara sekarang menjadi perhatian utama, dipicu oleh krisis kesehatan.

Baca Juga : Waduh, Tim Bundesliga Umumkan Anggotanya Terpapar Covid-19

"Krisis ini telah memiliki dampak mendalam pada kita semua. Kembalinya sepakbola adalah tanda bahwa masyarakat sedang berkembang menuju normal baru. Ini juga akan mengembalikan elemen kehidupan yang orang-orang di Spanyol dan di seluruh dunia tahu dan cinta," kata Javier Tebas.

Tak hanya faktor ekonomi, Javier juga tetap mengingatkan agar tetap menjaga kesehatan. Hal itu karena semua orang tidak akan mengetahui bagaimana sistem penyebaran virus akan berhenti atau justru kembali bekerja.

"Kesehatan masyarakat adalah yang terpenting, jadi kami memiliki protokol komprehensif untuk menjaga kesehatan semua orang yang terlibat saat kami berupaya memulai kembali LaLiga. Keadaan belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi kami berharap untuk mulai bermain lagi pada bulan Juni dan menyelesaikan musim 2019/2020 kami di musim panas ini," imbuhnya mengakhiri.

Topik
Malang Berita Malang berita malang hari ini La Liga kembali digelar Pandemi Covid 19 Kementerian Kesehatan Spanyol presiden La Liga Javier Tebas

Berita Lainnya

Berita

Terbaru