Bupati Malang H.M. Sanusi saat menjelaskan mengenai keindahan pantai yang ada di Kabupaten Malang, Kamis (23/4/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)
Bupati Malang H.M. Sanusi saat menjelaskan mengenai keindahan pantai yang ada di Kabupaten Malang, Kamis (23/4/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)

MALANGTIMES - Kabupaten Malang sangat terkenal dengan potensi wisatanya, terutama pada sektor pantai yang berada di wilayah selatan dari Kabupaten Malang. 

Hal ini pun dituturkan oleh Bupati Malang Sanusi di sela-sela kunjungannya yang sedang meninjau lokasi Pantai Licin, Lebakharjo, Kabupaten Malang dan mengungkapkan bahwa pantai yang berada di Pantai Selatan Kabupaten Malang terkenal dengan kejernihan dan kebersihannya.

Sebelumnya, Sanusi juga mengatakan bahwa terdapat ratusan pantai yang ada di Kabupaten Malang dan terdapat beberapa pantai yang menjadi favorit wisatawan.

"Selain di Pantai Licin, beratus pantai di Kabupaten Malang antara lain yang terkenal adalah Pantai Balekambang, Pantai Ngliyep, Pantai Tiga Warna, juga ada Pantai Goa Cina dan pantai lain yang sangat indah di Kabupaten Malang," katanya pada media online ini, Kamis (23/4/2020) sekitar pukul 15.30 WIB.

"Karena Pantai Selatan ini terkenal dengan kejernihan dan kebersihannya," imbuhnya. 

Terkait kebersihan, terdapat salah satu pantai di Kabupaten Malang yang terkenal dengan penjagaan ketat terkait sampah yang telah digunakan oleh para wisatawan. Sanusi menyebutkan, terdapat denda yang diterapkan di pantau tersebut. 

"Apalagi di Pantai Tiga Warna, setiap pengunjung ketika musim wisata itu dijatah berapa bawa sampah, dia harus keluar hitungan sampahnya harus sama," sebutnya. 

Sanusi mencontohkan semisal barang yang dibawa tersebut adalah botol plastik air minum dan dihitung jumlahnya berapa banyak. Saat keluar dari lokasi Pantai Tiga Warna, barang-barang bawaan yang kemungkinan sekali pakai dan yang telah dihitung di awal, pada saat keluar jumlahnya harus sama.

"Kalau kurang, mereka harus nyari botol itu, kalau nggak ketemu baru ada dendanya," ujarnya. 

Sementara itu, terkait upaya Pemkab Malang (Pemerintah Kabupaten Malang) dalam menghadapi Covid-19 yang melakukan penutupan tempat-tempat wisata untuk memutus rantai persebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Malang dimanfaatkan untuk memperbaiki infrasfruktur jalan menuju ke tempat wisata khususnya pantai.

"Alhamdulillaah untuk yang di Pantai Balekambang itu bentangan jembatan di Srigonco sudah disetujui oleh Menteri PUPR, mudah-mudahan dalam bulan ini kerangka besi sudah datang," ungkap Sanusi.

Sanusi juga berharap agar penggarapan infrastruktur-infrastruktur yang menuju ke tempat wisata khususnya pantai, agar segera selesai dan ketika Covid-19 sudah selesai, semua infrastruktur ke tempat wisata sudah bagus semua. 

Melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Malang, Sanusi juga terus mengimbau agar tetap menjaga kebersihan dan keindahan tempat wisata khususnya pantai, meskipun pada kondisi ditutup pada saat ini demi memutus rantai persebaran Covid-19.