Geliat Syiar Digital Masjid At Taqwa Batu di Tengah Corona

Apr 24, 2020 08:28
Drs. H. Abdul Manaf, M.Pd Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batu saat sedang mengisi kajian Live Streaming (Fajrin/PWMU.CO)
Drs. H. Abdul Manaf, M.Pd Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batu saat sedang mengisi kajian Live Streaming (Fajrin/PWMU.CO)

MALANGTIMES - Bulan suci Ramadhan 1414 Hijriyah akan segera datang dan tinggal menghitung hari. Situasi Ramadhan pada tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun sebelumnya atau sepanjang perjalanan Ramadhan yang dilalui umat Muslim.

Baca Juga : Wali Kota Malang: Tak Ada Larangan Salat Tarawih Berjamaah di Kota Malang

Di tengah situasi pandemi Covid-19, masyarakat telah diimbau untuk banyak berdiam diri di rumah, termasuk dalam hal ibadah.

Dalam hal pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan, pemerintah telah menghimbau kepada semua masjid untuk meniadakan sholat tarawih berjamaah di masjid, buka bersama, hingga kajian rutin selama bulan puasa yang melibatkan massa dalam jumlah banyak karena menjadi potensi penyebaran covid-19.

Meski demikian, hal tersebut tidak menyurutkan umat muslim untuk tetap bersemangat dan menyambut baik bulan ramadhan dengan penuh suka cita.

Salah satunya adalah Masjid At Taqwa PDM Kota Batu yang tetap melaksanakan berbagai kegiatan rutin seperti kajian menjelang berbuka pusa dan selepas sholat subuh dalam rangka mengisi bulan Ramadhan dengan berbasis online atau dalam jaringan (daring).

Para Crew serta Narasumber dalam kegiatan kajian live streaming (Fajrin/PWMU.CO)

MT Cahyo selaku ketua panitia Ramadhan masjid At Taqwa Kota Batu mengatakan untuk bulan suci Ramadhan tahun 2020, Masjid At Taqwa Kota Batu tetap melaksanakan beberapa kegiatan Ramadhan yang tidak melibatkan jamaah dalam jumlah banyak.

"Kegiatan-kegiatan yang kita lakukan berbasis dalam jaringan atau online. Seperti kajian Ramadhan menjelang berbuka puasa dan setelah sholat subuh, kita lakukan dengan cara live streaming melalui saluran channel media social seperti YouTube dan Fanpage Facebook di Studio Masjid At Taqwa Kota Batu,” ujarnya.

Baca Juga : Tata Cara & Bacaan Niat Salat Tarawih Sendiri di Rumah saat Pandemi Covid-19

Meski kajian dilakukan secara daring, Cahyo berharap pada jamaah masjid At Taqwa Kota Batu agar tetap semangat dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah puasa bulan ramdhan, dan tetap mengikuti kajian Ramadhan dengan cara menontonnya di rumah melalui live streaming yang telah dibuat di saluran media sosial YouTube dan Fanpage Facebook.

Pada bulan Ramadhan tahun ini, masjid At Taqwa Kota Batu menyiapkan 60 kajian online yang dilaksanakan saat menjelang berbuka puasa jam 16.30 dan setelah selesai sholat subuh jam 05.00. Bagi para jamaah sekalian yang ingin menyaksikan kajian online live streaming Masjid At Taqwa Kota Batu, bisa langsung melihat pada Akun Youtube dan Fanpage Facebooknya. (*) (Fajrin Fadlillah)

Topik
MalangBerita MalangBerita Hari Inipandemi covid19Ramadhan 1414 HGeliat Syiar Digital Masjid At Taqwa BatuStudio Masjid At Taqwa Kota BatuSiapkan 60 kajian online

Berita Lainnya

Berita

Terbaru