Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Peringati Hari Kartini, Gubernur Khofifah: Perempuan Tetap Tangguh Hadapi Covid-19

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Nurlayla Ratri

21 - Apr - 2020, 09:56

Gubernur Jatim Khofifah
Gubernur Jatim Khofifah

MALANGTIMES - Momen peringatan Hari Kartini 2020 di tengah pandemi Covid-19 dimaknai berbeda oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

Baca Juga : 17 Hari, Pajak Hotel Raup Pendapatan Rp 73,6 Juta di Tengah Pandemi Covid-19

Menurut Gubernur perempuan pertama Jatim tersebut, peran seorang perempuan selama masa darurat Covid-19 ini benar-benar sangat diuji di semua lini dan bidang kehidupan.

Tidak hanya di sektor domestik rumah tangga, namun juga pendidikan, ekonomi, serta kesehatan dengan menjadi garda terdepan penanggulangan Covid-19.

Hal ini, kata Khofifah, dapat terlihat dari data yang dirilis Persatuan Perawat Nasional Indonesia atau PPNI yang menunjukkan bahwa mayoritas perawat yang meninggal adalah perempuan. 

Dari 16 orang perawat yang meninggal akibat Covid-19, 11 orang di antaranya adalah perempuan.

"Jadi tahun ini bukan lagi berbicara tentang kesetaraan, tapi signifikansi peran dan tanggung jawab yang diemban para perempuan tersebut," ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Selasa (21/4).

Di sektor domestik rumah tangga, lanjut Khofifah, perempuan diharuskan ikut turut menjaga keselamatan seluruh anggota keluarga, memastikan tiap anggota keluarga tetap sehat dan terjaga asupan gizinya.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Seniman dapat Bantuan Lebih Cepat dari Gubernur Khofifah

Belum lagi mereka juga diharuskan menjadi teman sekaligus guru bagi anak-anak selama masa belajar di rumah. 

Dalam hal ekonomi keluarga, tambah dia, perempuan harus mampu mengelola cashflow agar bisa memenuhi kebutuhan selama masa darurat.

"Bukan tidak mungkin pendapatan keluarga berkurang atau bahkan terkena PHK, sehingga peran perempuan dalam mengatur keuangan rumah tangga sangat dibutuhkan," imbuhnya.

Khofifah mengungkapkan, tidak ada pilihan lain bagi perempuan selama masa pandemi Covid-19 ini selain tetap berdiri tangguh dengan seluruh peran yang diemban.


Topik

Pemerintahan surabaya berita-surabaya berita-hari-ini peringatan-Hari-Kartini-2020 Gubernur-Khofifah Perempuan-Tetap-Tangguh-Hadapi-Covid19 Gedung-Negara-Grahadi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Nurlayla Ratri