Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama saat menunjukkan barang bukti saat rilis di Polres Batu, Jumat (17/4/2020). (Foto: Humas Polres Batu)
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama saat menunjukkan barang bukti saat rilis di Polres Batu, Jumat (17/4/2020). (Foto: Humas Polres Batu)

MALANGTIMES - Alasannya ingin terlihat tampan, seorang pria berinisial Z (33), warga Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, kini harus menikmati hidupnya di balik jeruji. Z terpaksa ditahan di Polres Batu karena telah mencuri di Indomaret Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, beberapa saat lalu.

Baca Juga : Selain Indonesia, 13 Negara Ini Juga Bebaskan Napi Selama Pandemi Covid-19

"Pelaku ini melakukan pencurian dan kedapatan menyimpan, membawa, dan menguasai senjata tajam tanpa dokumen yang sah," kata Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama saat rilis di Polres Batu, Jumat (17/4/2020).

Dalam kejadian itu, mulanya Z masuk Indomaret. Dia kemudian mengambil barang yang dibutuhkan. Dia menyembunyikan beberapa barang curian di saku jaket, celana, dan dalam jaket.

Setelah mengambil barang, Z ke kasir. Namun, hanya beberapa barang yang dibayarnya. Yakni minuman dan rokok.

"Saat Z ini keluar dari Indomaret, salah satu petugas mengejar dan mengamankan tersangka karena kelakuannya yang mencurigkan. Kemudian menggeledah Z," imbuhnya.

Saat menggeledah Z, tersangka berusaha mengeluarkan satu buah golok yang disimpan di pinggangnya. Tetapi, senjata itu langsung diamankan dan dijauhkan dari Z.

"Lalu petugas ini membawa Z dan  barang buktinya ke Polres Batu sehingga dilakukan proses penyidikan lebih lanjut," kata Harvi, sapaan kapolres.

Baca Juga : Terjerat Utang, Pedagang Asal Blimbing Banting Setir Jadi Kurir Narkoba

Barang bukti yang diserahkan itu yakni pisau cukur, pasta gigi, 4 jenis permen yang berbeda, dua jenis sampo, celana dalam, sikat gigi, cream tone HP, 4 jenis sabun wajah, micellar water, mobil mainan, parfum, pomade, minyak kayu putih, obat, dan sebagainya.

Saat ditanya oleh Harvi alasannya mencuri barang tersebut, Z menjawab agar bisa lebih tampan. "Saya kepingin ganteng," ucap Z.

Akibat perbuatannya itu, Z dikenalan 2 pasal berlapis. Yakni Pasal 362 KUHP dan Pasal UU Darurat No 12 Tahun 1951.