Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

550 Ton Sampah per Hari, DLH Kota Malang: Tak Ada Penurunan Walau Pandemi Covid-19

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Heryanto

16 - Apr - 2020, 17:32

Armada DLH Kota Malang yang setiap hari keliling untuk mengangkut sampah (Hendra Saputra)
Armada DLH Kota Malang yang setiap hari keliling untuk mengangkut sampah (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Imbauan Pemerintah pusat dan daerah ke masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di luar rumah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Ternyata, tak mempengaruhi jumlah sampah yang diangkut oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, setiap harinya.

Baca Juga : Pemkot Batu Distribusikan Beras 10 Kilogram Untuk 2.655 KK Pra Sejahtera

Walau di masa pandemi Covid-19 sejumlah ruas jalan di Kota Malang terlihat lengang alias sepi meski di hari aktif kerja. Tapi, hal itu juga tidak berefek kepada sampah yang selalu diangkut oleh petugas kebersihan DLH Kota Malang.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) DLH Kota Malang, Joao Maria Gomes de Carvalho atau yang akrab disapa Joe, petugasnya setiap hari mengangkut rata-rata kurang lebih 500 sampai 550 ton sampah. Baik dari jalanan ataupun dari permukiman warga.

"Meski di jalan jarang lalu lintas kendaraan, tapi sampah yang dihasilkan tetap saja. Tidak mengalami penurunan seperti hari normal sebelum adanya pandemi covid-19," kata Joe kepada media ini.

Lebih lanjut, Joe mengaku bahwa sampah yang dihasilkan saat ini banyak dari limbah rumah tangga karena kebanyakan masyarakat berada dirumah. 

"Ya, ini banyak sampah dari rumah tangga. Tapi sampah dari jalan juga tetap terus ada," ujarnya.

Baca Juga : Pemkot Batu Distribusikan Beras 10 Kilogram Untuk 2.655 KK Pra Sejahtera

Kondisi itu yang membuat Joe mengimbau ke masyarakat di tengah pandemi covid-19 untuk tetap bisa menjaga kebersihan dengan membuang sampah di TPS atau tong sampah yang disediakan di wilayah masing-masing.

"Petugas kami tetap bekerja dan mengambil sampah baik di jalan ataupun di TPS. Jadi kami berharap kerjasama dari masyarakat dengan tetap membuang sampah pada tempatnya," harapnya.


 

 


Topik

Pemerintahan malang berita-malang berita-hari-ini pandemi-covid19 DLH-Kota-Malang 550-Ton-Sampah-per-Hari Tak-Ada-Penurunan Kabid-Persampahan-dan-Limbah-Bahan-Berbahaya-dan-Beracun Joao-Maria-Gomes-de-Carvalho


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Heryanto