Beberapa keluarga penerima manfaat mengambil bantuan pamgan non tunai di salah satu agen di Kelurahan Songgokerto,m. (Foto: istimewa)
Beberapa keluarga penerima manfaat mengambil bantuan pamgan non tunai di salah satu agen di Kelurahan Songgokerto,m. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - 4.866 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Batu, akhirnya bisa menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Caranya dengan berbelanja sembako secara non tunai di di e-warung dan agen.

“Untuk e-warung dan agen bisa ditemukan di masing-masing 24 desa/kelurahan yang sudah ditunjuk oleh Dinas Sosial Kota Batu,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Batu, Ririk Mashuri, Senin (13/4/2020).

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Bagi yang menerima BPNT bisa membelanjakan bantuan itu pada 13-20 April mendatang. BPNT itu diberikan oleh Pemkot Batu besarannya RP 200 ribu.

KPM yang mendapatkan BPNT itu bisa mengambil di desa/kelurahannya masing-masing. “Kalau sampai batas waktu  yang ditentukan dicairkan, nanti KPM bisa melakukan pencarian di luar jadwal yang telah ditentukan,” imbuhnya.

“BPNT adalah program dari Kementerian Sosial yang mana anggarannya semula RP 150 ribu per KPM. Tetapi karena pandemic Covid 19 ini dinaikkan jadi Rp 200 ribu per bulannya,” ungkap Ririk.

Dengan uang non tunai Rp 200 ribu itu, bisa dibelanjakan dengan sumber karbohidrat (beras), sumber protein hewani (telur dan ayam), sumber protein nabati (kacang-kacangan), dan sumber vitamin mineral (sayur dan buah) yang sudah disuguhkan di masing-masing agen dan e-Warung yang ditunjuk.

Baca Juga : Pemprov Jatim Buka Posko Pendampingan Pendaftaran Program Kartu Prakerja di 56 Lokasi

Sedang dari total 4.866 KPM di Kota Batu terbagi di tiga kecamatan. Rinciannya di Kecamatan Batu ada 1.794 KPM, Kecamatan Junrejo ada 954 KPM, dan di Kecamatan Bumiaji ada 2.118 KPM.