Petugas saat melakukan operasi Cipkon di salah satu warung di Kota Makang (Ist)
Petugas saat melakukan operasi Cipkon di salah satu warung di Kota Makang (Ist)

MALANGTIMES - Pasca meninggalnya empat orang warga beberapa waktu lalu, akibat menenggak miras oplosan memanfaatkan alkohol 70 persen, polisi saat ini menggencarkan operasi cipta kondisi.

Operasi tersebut ditunjukan untuk menekan adanya penyalahgunaan alkohol 70 persen yang sejatinya digunakan untuk antiseptik pada luka.

Baca Juga : Jambret Mulai Marak, Korbannya Para Ibu yang Sedang Belanja

"Kita terus melakukan operasi cipta kondisi baik di siang maupun malam hari. Dimana operasi itu termasuk untuk membubarkan masyarakat yang berkerumun. Sehingga kegiatan yang sangat tidak bermanfaat dapat kita cegah seperti contoh kegiatan minum miras dan lain sebagainya," ujar Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus.

Lebih lanjut dijelaskannya, perihal penindakan atau pengawasan peredaran alkohol di toko-toko ataupun apotik, Pihaknya tidak bisa bertindak jauh. Pasalnya terdapat instansi lain yang memang berwenang dalam melakukan pengawasan hal tersebut.

"Kembali, kewenangannya ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Polisi tidak bisa menindak secara langsung. Sebab yang punya kewenangan menindak toko  adalah BPOM dan juga termasuk Diskoperindag," bebernya

Namun meskipun begitu, untuk pencegahan penyalahgunaan alkohol itu, pihaknya tetap berupaya melakukan upaya operasi cipta kondisi rutin dikawasan Kota Malang, agar kejadian warga yang menenggak miras oplosan tidak terjadi lagi.

Baca Juga : Diduga Akibat Stroke, Tahanan Kasus Judi Polsek Klojen Meningal Dunia

Seperti diberitakan sebelumya, dua orang warga tewas usai berpesta miras di lapangan Sampo (3/4/2020) lalu. Kemudian pada hari Sabtu (4/4/2020) rekan dua korban yang telah tewas terlebih dulu, ikut menyusul tewas dua korban sebelumnya.

Dan dihari yang sama, Sabtu (4/4/2020) di lokasi lainnya, juga terdapat korban tewas akibat miras oplosan. Dua kejadian tersebut sama, yakni menggunakan alkohol 70 persen dengan dicampur air untuk berpesat miras.