Khoirul Fausan tersangka pencurian saat diamankan polisi
Khoirul Fausan tersangka pencurian saat diamankan polisi

MALANGTIMES - Diduga karena terhimpit kebutuhan ekonomi, membuat Khoirul Fausan warga Desa Slamparejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang nekat menyatroni rumah tetangganya untuk mencuri.

Meski sempat berhasil menbawa barang hasil curian, sekitar dua minggu kemudian aksi tersangka akhirnya berhasil diungkap polisi, Selasa (7/4/2020) dini hari. 

Baca Juga : Napi yang Bebas Kembali Berulah, Yasonna Laoly Ambil Tindakan Tegas Ini

”Tersangka kami amankan lantaran terbukti melancarkan aksi pencurian sebuah handphone milik tetangganya, yang terjadi pada akhir bulan lalu,” kata Kapolsek Jabung, AKP Syamsul Hidayat.

Berdasarkan laporan kepolisian, tersangka melancarkan aksinya pada Jumat (27/3/2020) dini hari. 

Sedangkan korban yang dijadikan sasaran pencurian adalah tetangganya yang bernama Dygta Selfiana Putri warga Desa Slamparejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. 

”Saat kejadian, korban sedang tertidur di kamar rumahnya,” sambung Syamsul.

Dijelaskan, modus yang digunakan tersangka ini adalah masuk kedalam rumah korban dengan cara merusak kunci pintu belakang rumah korban. 

Setelah berhasil menyelinap masuk, pelaku bergegas mencari barang berharga yang bisa dia curi.

Hingga akhirnya, saat memasuki kamar korban tersangka melihat satu unit HP (Handphone) dan bergegas membawanya kabur. 

”Dari keterangan korban, HP yang dicuri pelaku semula diletakkan diatas kasur,” terang Syamsul.

Pagi harinya, sekitar pukul 06.00 WIB, Dygta yang terbangun dari tidurnya berniat mencari HP untuk membuka sosial media. 

Namun, saat dicari, smartphone yang semula diletakkan diatas kasurnya sudah tidak ada ditempat semula.

Baca Juga : Edarkan Sabu di Tengah Pandemi Covid-19, Pengedar Asal Malang Dicokok Polisi Blitar

Ketika memeriksa disetiap sudut rumah, remaja 15 tahun itu menemukan pintu belakang rumahnya terbuka dan kuncinya dalam keadaan dirusak. 

Menganggap jika dirinya baru saja menjadi korban pencurian, kasus inipun dilaporkan ke kepolisian.

”Berdasarkan hasil penyelidikan dari olah TKP dan keterangan saksi, pelaku pencurian mengarah kepada Khoirul Fausan,” ungkap Kapolsek Jabubg.

Dirasa memiliki cukup bukti, Selasa (7/6/2020) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB polisi meringkus tersangka saat yang bersangkutan berada di kediamannya. 

Selain mengamankan pria 22 tahun tersebut, polisi juga menyita satu unit HP hasil curian yang disimpan pelaku di rumahnya.

”Dari pengakuannya, barang hasil curian hendak dijual oleh tersangka. Akibat perbuatannya, yang bersangkutan kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dan pemberatan (Curat),” tutup Kapolsek Jabung.