Ilustrasi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Malang bertambah 3 orang. Ini berarti total ada 8 orang positif Covid-19 sejak Kota Malang masuk dalam status zona merah.

Dari 8 yang terkonfirmasi pasien positif, 3 pasien baru ini diperkirakan memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif dan bisa berstatus OTG (Orang Tanpa Gejala).

"Riwayatnya itu kan kontak erat dengan pasien positif. Jadi memang kalau bisa dimasukkan itu adalah kategori yang OTG, yaitu orang tanpa gejala tapi pernah kontak dengan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) atau yangg conform positif," ujar Juru Bicara Gugus Satgas Covid 19 kota Malang, dr Husnul Muarif, kepada MalangTIMES, Senin malam (6/4).

Dijelaskannya, ketiga pasien tersebut masih belum diketahui lebih lanjut apakah memiliki riwayat kontak dengan pasian positif sebelumnya. Sebab, proses tracing dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang masih akan dilakukan besok (Selasa, 7/4).

"Ini yang masih kita telusuri untuk identifikasinya, kemudian riwayat perjalanan ataupun riwayat kontaknya, terjangkitnya di mana, dan ada hubungan keluarga atau tidak masih akan kita telusuri besok pagi," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Malang.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, saat ini pasien terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani perawatan isolasi secara mandiri di rumah. Namun, tetap dalam pengawasan Dinkes Kota Malang teekait perkembangan gejalanya.

"Iya, jadi informasi terakhir bahwa yang bersangkutan sudah isolasi mandiri di rumah," ungkapnya.

Sementara itu, data sementara dari perkembangan kasus Covid-19 di Kota Malang per tanggal 6 April 2020 tercatat jumlah OTG turun dari 52 orang menjadi 51. Artinya, ketiga pasien baru positif belum bisa dipastikan apakah masuk daftar OTG yang sebelumnya atau pasien baru.

"Kita chek lagi data itu, untuk OTG yang baru ini apa masuk yang sebelumnya dan belum masuk di data, apa memang OTG baru nanti kita chek dulu," tandasnya.

Untuk diketahui, dari total 8 pasien positif Covid-19 di Kota Malang, 3 pasien telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan. Sementara 1 pasien masih dalam proses perawatan di RKZ atau RS Panti Waluyo dan yang terbaru 3 pasien menjalani isolasi mandiri.

Kemudian berkaitan dengan jumlah ODR (Orang Dengan Risiko) tercatat sebanyak 842. Lalu, jumlah pasien ODP (Orang Dalam Pantauan) sebanyak 302, dengan rincian 217 masih dipantau, 85 lainnya selesai dipantau.

Sedangkan, jumlah PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang meninggal tercatat ada 3, PDP sehat atau selesai pengawasan sebanyak 14, dan yang masih dirawat ada 34 orang.