Penerimaan bantuan berupa hand sanitizer hingga APD untuk penanganan covid-19 di Kota Malang. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Penerimaan bantuan berupa hand sanitizer hingga APD untuk penanganan covid-19 di Kota Malang. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemerintah Kota Malang kembali menerima bantuan penanganan covid-19. Kali ini, bantuan berupa alat pelindung diri (APD) hingga hand sanitizer yang kemudian didistribusikan kepada medis dan masyarakat yang membutuhkan.

Wali Kota Malang, Sutiaji usai menerima bantuan menyampaikan, penanganan untuk memutus mata rantai covid-19 bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Sehingga dia sangat terbuka sekaligus berterima kasih atas gerakan yang telah dilakukan setiap kelompok masyarakat dalam menangani covid-19. Dia pun berharap gerakan tersebut tak terputus dan terus dilaksanakan hingga penanggulangan bencana non-alam tersebut selesai.

"Saya sangat berterima kasih dan berharap agar semoga ini bergayung sambut. Masyarakat bisa menyumbangkan keahlian dan hartanya," terangnya, Senin (6/4/2020).

Pria berkacamata itu menyampaikan, bantuan dari berbagai pihak saat ini terus mengalir. Terutama untuk beberapa kebutuhan untuk mendukung kesehatan dan kebersihan masyarakat. Rencananya, bantuan hand sanitizer sebanyak seribu liter akan didistribusikan Selasa (7/4/2020) besok.

"Penanganan dengan APBD sudah dilaksanakan, tapi akan lebih baik lagi jika dilaksanakan bersama," jelas Sutiaji.

Sementara itu, Deputi Branch Manager PT Indomarco Prismatama Nuryono menambahkan, bantuan berupa 800 botol hand sanitizer tersebut diberikan sebagai salah satu bentuk bantuan penanganan covid-19. Selain hand sanitizer, rencananya juga akan disalurkan bantuan berupa masker.

"Tapi untuk sementara waktu hand sanitizer dulu yang disalurkan. Kalau keseluruhan, ada 1.500 botol hand sanitizer yang didistribusikan ke Malang Raya," imbuhnya.

Baca Juga : Tangkal Covid, Pemkab Malang Sediakan Safe House di Seluruh Desa

HRD Inez Cosmetic Lina menyampaikan, sebagai salah satu produsen kecantikan, Inez juga menghadirkan produk hand sanitizer. Sehingga, pihaknya pun tergerak untuk menyalurkan sekitar 500 botol hand sanitizer untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan di Kota Malang.

"Kami baru pertama ini menyalurkan bantuan, dan bantuan diserahkan ke Pemerintah Kota Malang karena Pemkot Malang yang paham dengan pemetaannya," ucapnya.