Petugas saat memeriksa suhu tubuh di simpang tiga Pendem, Kecamatan Junrejo dan jalan Klemuk, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Jumat (3/4/2020). (Foto: Istimewa)
Petugas saat memeriksa suhu tubuh di simpang tiga Pendem, Kecamatan Junrejo dan jalan Klemuk, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Jumat (3/4/2020). (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Kepadatan terjadi di kawasan pintuk masuk simpang tiga Pendem, Kecamatan Junrejo dan jalan Klemuk, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Jumat (3/4/2020). Warga yang berkendara akan masuk ke Kota Batu itu harus terhenti lantaran harus melakukan pemeriksaan kesehatan di posko pelayanan covid 19.

Seperti halnya di simpamg tiga Pendem, Kecamatan Junrejo terlihat beberapa kendaraan roda empat dihentikan oleh petugas dan mengantre untuk mendapatkan penyemprotan disinfektan. Bagi pengendara harus turun dan mengantre untuk menjalani tes suhu tubuh.

Baca Juga : Kota Batu Siapkan 3 Shelter Isolasi Covid-19, Anggarannya Rp 1,3 Miliar

Petugas yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan itu dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD). Mulai dari bajunya, masker, sarung tangan, dan sebagainya. Mereka yang terlibat merupakan personel gabungan dari Polres Batu dan Pemkot Batu.

Terdiri dari Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan linmas. “Supaya kita sama-sama bersinergi pengawasan secara ketat di jalur kelur masuk,” ucap Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama.

Ia menambahkan, pemeriksaan itu dilakukan melihat kondisi Orang Dalam Risiko (ODR), Orang Dalam Pantauan (ODP) bertambah. Sehingga memberlakukan pemeriksaan kesehatan untuk mencegah wabah virus corona atau covid 19.

Pemeriksaan itu akan berlangsung hingga Minggu (5/4/2029) di jalur yang sama. Mulai pukul 09.00-13.00 WIB. Kemudian dilanjutkan malam mulai 18.00-22.00 WIB.

Kemudian juga dilakukan physical distancing pada dua jalur dengan jam dan waktu yang sama dengan pemeriksaan kesehatan. physical distancing pada dua jalur yakni di Jalan Sultan Agung dan Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Batu.

Baca Juga : Sudah Diwajibkan, Pemerintah Kabupaten Malang Bakal Bagikan 120 Ribu Masker ke Masyarakat

Selain itu Polres Batu bersama tim gabungan itu juga akan melakukan patrol gabungan. Yang akan dilaksanakn di kawasan Jalur Lintas Barat (Jalibar) juga kawasan Cangar.

“Kami juga memberlakukan patrol mobiling gabungan juga jika didapati kerumunan masyarakat yang nongkrong terpaksa dihalau,” tutup bapak yang dikarunian dua anak ini.