Ilustrasi internet gratis (Ist)
Ilustrasi internet gratis (Ist)

MALANGTIMES - Sebaran penyakit Covid-19 masih jadi momok seluruh negara. Sejumlah negara pun menerapkan imbauan di rumah saja untuk pelajar dan pekerja. Tapi di satu sisi, pembatasan aktivitas di luar rumah ini juga membuat masyarakat jenuh. 

Selama masa pandemi, kebutuhan internet meningkat signifikan. Kondisi itu pula yang ditangkap oleh pemerintah.

Baca Juga : Pemkot Batu Kumpulkan Data Korban PHK Akibat Covid 19

Pemerintah Thailand mengeluarkan kebijakan memberikan paket data sebesar 10 GB (Gigabyte) secara gratis setiap bulan, mulai tanggal 10 April 2020. Seperti diketahui, Thailand juga memberlakukan kebijakan work from home bagi seluruh mahasiswa, pelajar sekolah, hingga pekerja.

Dikutip dari Reuters, Rabu (1/4/2020), kebijakan pemberian paket data gratis untuk seluruh masyarakat dinyatakan secara langsung oleh Sekretaris Jenderal Komisi Penyiaran dan Telekomunikasi Nasional, Takorn Tantasith.

"Setiap orang bisa mendaftar secara gratis 10 GB paket data setiap bulan mulai 10 April mendatang. Pemerintah berharap dengan pemberian paket data itu bisa membuat masyarakat tinggal di rumah dan membatasi penyebaran virus Corona," ujarnya.

Kebijakan Pemerintah Thailand dengan memberikan paket data gratis 10 GB tiap bulan, selain untuk membunuh kejenuhan juga agar  masyarakat di rumah tetap produktif. 

Kebutuhan internet di tengah pandemi Corona, memang, mengalami lonjakan. Apalagi dengan instruksi WFH bagi seluruh elemen masyarakat yang ada.

Baca Juga : Anggaran Penanganan Covid-19 Kota Malang Ditambah Menjadi Rp 86 Miliar

Hal ini juga disampaikan oleh operator seluler Advanced Info Service Pcl yang menjelaskan bahwa pemakaian jaringan internet memang meningkat 52 persen. Sedangkan,  penggunaan paket data naik 18,4 persen dari biasanya. Khususnya, pemakaian video telekonference yang tumbuh lebih sepuluh kali lipat dibanding biasanya. 

Bagaimana dengan Indonesia?

Dari berbagai sumber, para operator seluler yang mengambil langkah dengan kondisi pandemi Corona di Indonesia. Walau tak ada kebijakan paket data gratis, langkah menuju ke sana telah dimulai oleh operator. Misalnya dengan program cloudX yang hanya butuh Rp 10 untuk mendapatkan paket data 30 GB.