Ilustrasi perawatan pasien positif terinfeksi virus corona (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi perawatan pasien positif terinfeksi virus corona (Foto: Shutterstock)

MALANGTIMES - Wabah pandemi virus Corona atau Covid-19 terus meluas di Indonesia. Seiring dengan itu, jumlah pasien positif terinfeksi juga masih meningkat.

Namun, hingga saat ini belum ditemukan vaksin atau obat khusus untuk melawan penyakit yang muncul pertama kali di Wuhan, China sejak Desember 2019 lalu itu.

Data hingga 2 April 2020, jumlah pasien yang positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 1.790 kasus. Dari angka tersebut 112 pasien telah dinyatakan sembuh. Hal ini seakan membuktikan bahwa sebetulnya virus Corona bisa dikalahkan.

Lalu, faktor apa saja yang bisa menyembuhkan pasien positif Covid-19?

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif menyatakan banyak faktor yang menjadikan pasien positif Covid-19 bisa disembuhkan. Salah satunya, treatment atau pengobatan dari masing-masing rumah sakit yang memberikan perawatan.

"Kalau treatment itu sesuai dengan penatalaksanaan yang ada di masing-masing rumah sakit. Jadi, itu sudah secara standart untuk pasien-pasien PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang di rawat di rumah sakit," ujarnya.

Faktor berikutnya, yaitu daya tahan tubuh atau imunitas pasien yang bersangkutan. Maka Covid-19 akan bisa sembuh dengan sendirinya, selama pasien tersebut memiliki dorongan yang kuat dan semangat untuk melawan virus ini.

Namun, prosesnya harus dibarengai dengan hal lain untuk memperkuat kondisi psikis dari pasien sendiri. "Pertama, semangat dari yang bersangkutan (pasien) untuk sembuh," jelasnya. Kemudian, dukungan dari pihak keluarga juga harus lebih kuat. 

Hal ini menurutnya mampu meningkatkan rasa optimis dalam diri pasien dalam menghadapi Covid-19, yang mana akan memicu kenaikan daya tubuhnya.

Ketika imunitas dalam tubuh meningkat, dijelaskannya virus yang masuk ke dalam tubuh pasien akan mudah tereduksi. Sehingga pasien bisa sembuh.

"Jadi selama di rawat keluarga memberikan support, nah ini akan menimbulkan kepercayaan dari yang bersangkutan. Ketika ini timbul, imunitas daya tahan tubuhnya akan naik. Nah ini yang akan mempercepat proses reduksi virus yang ada di dalam tubuhnya," imbuhnya.

Saat ini, dari empat pasien positif Covid-19 di Kota Malang, tiga diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan. Namun, pihak Dinas Kesehatan Kota Malang masih tetap melakukan pemantauan kondisi dari masing-masing pasien.

Karenanya, pasien yang telah dinyatakan sembuh juga belum langsung diperbolehkan beraktivitas di luar ruangan. Tetap harus menjalani isolasi mandiri di kediamannya masing-masing hingga kondisi dirasa membaik.

"Jadi setelah dirasa oleh tim ahli klinis rumah sakit ini bisa dipulangkan dan melakukan isolasi di rumah, nah kita yang bergerak di dinas kesehatan itu. Pasian kita pesankan tetap harus melakukan social dan physical distancing selama 14 hari setelah kepulangan dari rumah sakit. Sehingga, pasien juga tetap mempertahankan daya tahan tubuhnya," tandasnya.