Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)

MALANGTIMES - Kabar baik datang dari Kabupaten Malang terkait penanganan penyakit Covid-19. Hingga 1 April 2020 kemarin, pasien positif sejumlah 4 orang yang dirawat di RSUD Kanjuruhan dinyatakan sembuh semuanya. 

Kabar baik itu pun disambut syukur masyarakat Kabupaten Malang. Dengan berhasilnya para petugas medis di Kabupaten Malang itu, membuat pasien positif Corona menjadi nol atau zero. 

"Sayangnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dan tentunya seluruh masyarakat Kabupaten Malang, tak bisa begitu saja merayakan kabar baik itu. 

Baca Juga : Sudah Diwajibkan, Pemerintah Kabupaten Malang Bakal Bagikan 120 Ribu Masker ke Masyarakat

Melihat data resmi yang dirilis Pemkab Malang melalui akun satgascovid-19.malangkab.go.id, orang dalam risiko (ODR) grafiknya meningkat. Per 1 April 2020, jumlahnya telah mencapai 684 orang.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) tercatat sebanyak 101 orang. Rinciannya, orang yang tengah dipantau 90 orang, dirawat 4 orang, dan sembuh 7 orang. 

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) total sejumlah 28 orang dengan rincian pasien dirawat 14 orang dan sembuh 14 orang. 

Untuk kabar baik, pasien positif Covid-19 berjumlah 5 orang, 4 yang dirawat (warga Dau dan Karangploso) dinyatakan sembuh semua dan 1 meninggal dunia. 

Hal itu juga disambut baik dan gembira oleh Bupati Malang Sanusi. Sanusi mengatakan, bahwa virus Corona bisa sembuh sehingga warga tak perlu panik berlebihan. 

"Ini membuktikan pasien positif bisa sembuh dengan perawatan para dokter. Tapi, saya tekankan warga lain tetap ikuti instruksi pemerintah," ucapnya, Kamis (2/4/2020). 

Sanusi melanjutkan, terkait kabar 4 pasien positif yang dinyatakan sembuh, kini telah dilakukan karantina di rumahnya. Harapan besarnya dengan fase itu, benar-benar bisa dilaksanakan sesuai protokol penanganan Corona. 

"Kita tak ingin pasien yang telah sembuh tidak kembali terinfeksi atau jadi carrier. Karena itu, jalankan instruksi pemerintah atau petugas medis," ujarnya.

Baca Juga : Pasien Covid-19 di Jombang Seorang Dokter, Ada 80 Orang Berpotensi Tertular

Sanusi juga mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan sosial distancing dan pshycal distancing. 

"Ini untuk memutus rantai penyebaran virus. Jadi tolong ditaati bersama-sama," tegasnya. 

Penegasan Sanusi juga melihat dari angka dan jumlah ODR, ODP, dan PDP yang tak bisa dipandang sebelah mata. 

Dengan jumlah tercatat itu, Pemkab Malang dan masyarakat secara keseluruhan tetap harus meningkatkan kewaspadaan dan ikut serta melawan Corona dengan cara mematuhi berbagai instruksi resmi pemerintah. 

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo, juga membenarkan kesembuhan dari 4 pasien positif Corona yang ditangani para dokter di rumah sakit. 

"Sudah pulih secara fisik, sudah tak lagi merasakan sakit. Mereka sudah sembuh dan dilajukan karantina di rumahnya sesuai prosedur," ucapnya.