Barang bukti hasil curian berupa sepeda motor (warna biru) saat disita polisi guna kepentingan penyidikan (Foto : Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Barang bukti hasil curian berupa sepeda motor (warna biru) saat disita polisi guna kepentingan penyidikan (Foto : Humas Polres Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Seorang barista asal Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang diringkus polisi lantaran terbukti melancarkan aksi pencurian. Tersangkanya bernama Akbar Kurniawan. Pria 23 tahun itu diringkus petugas lantaran mencuri sepeda motor di wilayah hukum Polsek Wagir.

”Tersangka sudah kami tahan, kasusnya masih dalam tahap pengembangan. Diduga kuat, pelaku sudah sering melancarkan aksi serupa (pencurian) di beberapa lokasi lainnya,” terang Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Nining Husumawati, Rabu (31/3/2020).

Baca Juga : Edarkan Sabu di Tengah Pandemi Covid-19, Pengedar Asal Malang Dicokok Polisi Blitar

Selain mengamankan tersangkanya, lanjut Nining, polisi juga menyita barang bukti kendaraan bermotor yang merupakan hasil curian. Yakni sepeda motor Suzuki GSX150-R.

Motor bernopol L–2485-QX itu, diketahui milik Bismantara Gustian Erinanda warga Jalan Raya Bandulan Barat, Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Motor milik korban itu, diketahui hilang lantaran dicuri pada 24 Maret 2020 lalu.

”Tersangka melancarkan aksinya saat kendaraan milik korban sedang terparkir di dalam rumah,” sambung Kasubag Humas Polres Malang kepada media online ini.

Berdasarkan hasil olah TKP (Tempat Kejadian Perkara), modus yang digunakan tersangka adalah membobol gembok pagar yang terkunci, kemudian menyelinap masuk kedalam rumah.

Ketika sudah ada di dalam rumah korbannya, pelaku bergegas mencari kunci kendaraan sebelum akhirnya membawa kabur motor milik korban, dengan melewati pagar yang terbuka karena sudah dibobol oleh tersangka.

”Dari keterangan korban dan bebrapa saksi mata, sesaat sebelum aksi pencurian terjadi korban sudah memastikan pagar dan rumahnya sudah terkunci,” kata Nining.

Baca Juga : Di Tengah Pandemi Covid 19, Pelaku Curnamor Makin Liar, Sehari Dua Motor Digasak

Beberapa saat setelah kejadian, korban yang hendak mengunakan sepeda motornya sudah mendapati kendaraan miliknya tidak ada di tempat semula. Kejadian inipun akhirnya dilaporkan ke pihak kepolisian. Di hadapan petugas, Bismantara mengaku jika motornya telah dicuri.

Mendapat laporan dari pria 25 tahun tersebut, polisi akhirnya bergegas melakukan penyelidikan guna memburu siapa pelaku pencurian tersebut. ”Dari hasil penelusuran petugas, pelaku pencurian mengarah kepada Akbar Kurniawan,” sambung Nining.

Hingga akhirnya, kemarin (Selasa 31/3/2020) malam, polisi yang mendapat informasi akan keberadaan tersangka seketika dikerahkan untuk meringkusnya saat yang bersangkutan sedang berada di tempat persembunyiannya. Yakni di sebuah ruko yang berlokasi di Kelurahan Mondoroko, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

”Terhadap tersangka kami jerat dengan undang-undang tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat), sebagaimana dengan yang dimaksud dalam Pasal 363 KUHP,” tutup Nining sembari mengatakan jika kasusnya masih didalami anggota Polsek Wagir.