Uqon Soeckandy seorang mahasiswa sekaligus tersangka peredaran dan pengguna sabu saat diringkus polisi (Foto: Polsek Singosari for MalangTIMES)
Uqon Soeckandy seorang mahasiswa sekaligus tersangka peredaran dan pengguna sabu saat diringkus polisi (Foto: Polsek Singosari for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Seorang pengguna sekaligus jaringan peredaran sabu di wilayah hukum Polsek Singosari berhasil diringkus petugas. Tersangkanya bernama Uqon Soeckandy warga Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Berdasarkan laporan kepolisian, pria 24 tahun itu diamankan petugas sesaat setelah bertransaksi narkoba jenis sabu-sabu, di kawasan Jalan Raya Randuagung, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Baca Juga : Edarkan Sabu di Tengah Pandemi Covid-19, Pengedar Asal Malang Dicokok Polisi Blitar

”Tersangka yang baru kami amankan ini, merupakan hasil pengembangan dari jaringan kasus narkoba yang sebelumnya sudah kami ungkap,” kata Kanit Reskrim Polsek Singosari, Iptu Supriyono, Rabu (1/4/2020).


 

Seperti yang sudah diberitakan, akhir pekan lalu anggota Unit Reskrim Polsek Singosri berhasil meringkus seorang pegedar sabu yang bernama Ricard Anugrah Raharjo warga Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.


 

Saat diamankan petugas menyita dua poket sabu dari tangan pria 23 tahun tersebut. Berdasarkan pengakuannya, sesaat sebelum diringkus polisi tersangka sempat memasok sabu kepada dua orang pengedar.


 

”Salah satu pengedar yang dimaksud adalah tersangka US (Uqon Soeckandy), yang kemudian kami lakukan pengembangan sebelum akhirnya berhasil meringkusnya,” kata Supriyono.


 

Dari tangan tersangka Uqon, lanjut Supriyono, petugas berhasil menyita sepoket sabu dengan berat mencapai 1,2 gram, yang disimpan pelaku kedalam kemasan rokok.


 

Baca Juga : Hati-Hati Jambret, Barang Belanjaan Tak Seberapapun Disikatnya Kini

”Kasusnya masih terus kami kembangkan, beberapa pengedar lainnya sudah kami ketahui identitasnya. Tim sudah bergerak ke lapangan untuk menelusuri keberadaan mereka,” tegas Supriyono.


 

Berdasarkan hasil penyidikan, selain terlibat dalam jaringan peredaan narkoba. Tersangka Uqon ternyata juga seorang pengguna narkotika jenis sabu. Pria yang masih berstatus mahasiswa ini, mengaku terpaksa mengkonsumsi narkoba dengan dalih untuk mendongkrak stamina.


 

”Terhadap tersangka kami jerat dengan pasal 112 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,“ tutup Supriyono saat dikonfirmasi media online ini.