Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawasa (depan) saat keliling areal Gedung Grahadi.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawasa (depan) saat keliling areal Gedung Grahadi.

MALANGTIMES - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak warga Jawa Timur untuk keluar rumah dan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Dalam unggahannya di Instagram pribadi @khofifah.ip, Khofifah mengajak warga berjemur paling tidak dalam sehari 15 hingga 20 menit. Tampak dalam foto, Khofifah yang mengenakan masker berkeliling di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. 

“Butuh asupan vitamin D? Ayo berjemur. Gak usah lama-lama dan sampai gosong, cukup 15 - 20 menit setiap hari sambil olahraga tipis-tipis,” tulis Khofifah dalam kolom caption. 

Baca Juga : Sudah Diwajibkan, Pemerintah Kabupaten Malang Bakal Bagikan 120 Ribu Masker ke Masyarakat

Terlebih di tengah pandemi covid-19 di Indonesia, Khofifah meyakini bahwa dengan berjemur, maka imunitas (daya tahan tubuh) akan meningkat sehingga bisa tidak terserang virus corona atau covid-19. 

Menurut Khofifah, Indonesia cukup beruntung lantaran mendapat cahaya matahari sepanjang tahun. Sinar matahari yang melimpah tersebut bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ketahanan tubuh yang dapat menangkal virus corona. 

“Karena dengan berjemur, maka daya tahan tubuh akan meningkat sehingga tidak mudah terserang virus corona. Menurut pakar, hal ini dapat dilakukan 4-6 kali seminggu," tuturnya.

Baca Juga : Pasien Covid-19 di Jombang Seorang Dokter, Ada 80 Orang Berpotensi Tertular


Selain berjemur, Khofifah juga mengingatkan warganya agar jangan lupa bahagia. Sebab, bahagia juga dapat menjadikan seseorang lebih sehat, lebih segar, dan imunitas tubuh lebih kuat.