Data Dinas Kesehatan Kota Batu.
Data Dinas Kesehatan Kota Batu.

MALANGTIMES - Hingga saat ini Selasa (31/3/2020) sudah ada pasien dalam pengawasan (PDP), dan satu orang terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid 19 di Kota Batu. Tercatat ada cukup banyak juga Orang Dalam Risiko (ODR) dan Orang Dalam Pantauan (ODP) di Kota Batu.

Hal itu ditunjukkan dari data Dinas Kesehatan Kota Batu jumlah ODR hingga Senin (30/3/2020) hingga pukul 15.00 terdapat 542 orang. Dalam pemantauan ada 332.

Baca Juga : Ketidakjujuran Pasien Akibatkan 15 Tenaga Medis RSM Ahmad Dahlan Kota Kediri Isolasi Diri

"Sedangkan untuk sisanya yakni 210 orang ini sudah selesai pemantauan selama 14 hari," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid 19 Kota Batu, M. Chori.

Sedangkan untuk ODP di Kota Batu mencapai 80 orang. Kemudian dalam pemantauan ada 62 orang. "Dari jumlah itu selesai pemantauan ada 18 orang, dan mereka telah selesai juga selama 14 hari," imbuhnya.

Selain itu, kini satu orang positif dari Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu sudah dirawat di rumah sakit rujukan di Kota Batu yakni RSU Karsa Husada. "Mari kita memberikan dukungan kepada yang terinfeksi ini, karena dukungan ini penting," jelas  Chori.

Pasien tersebut dalam kondisi sehat atau tidak ada gejala, dan sudah masuk dalam daftar Orang Dalam Risiko (ODR) sudah sejak 17 Maret 2020 lalu.

Baca Juga : Bilamana Pasien Positif Covid-19 Dikatakan Sembuh? Ini Penjelasannya

"Semula pasien positif ini ditetapkan ODR pada 17 Maret 2020, lalu melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Dan hingga saat ini kondisi juga sehat,” ucapnya. Sejak saat itu, orang tersebut sudah mengisolasi secara mandiri di rumahnya.

Karena test tersebut menunjukkan positif, sehingga ia harus melakukan isolasi lanjutan. "Dan Alhamdulillah yang bersangkutan sangat kooperatif. Semoga yang bersangkutan segera kembali sehat," tutupnya.