Ilustrasi APD untuk petugas kesehatan menangani pasien Covid-19. (Foto: Shutterstock).
Ilustrasi APD untuk petugas kesehatan menangani pasien Covid-19. (Foto: Shutterstock).

MALANGTIMES - Pandemi virus Corona atau Covid-19 yang semakin meluas di Indonesia, menimbulkan keprihatinan berbagai pihak. Apalagi, tenaga medis yang khusus menangani pasien juga terbilang kekurangan fasilitas sarana prasarana kesehatan.

Seperti APD (Alat Pelindung Diri) yang harus selalu digunakan saat menangani pasien sangat sulit didapatkan atau langka. Padahal, tanpa perlengkapan alat tempur utama ini dokter dan petugas medis lainnya bisa tertular virus.

Kondisi kelangkaan APD dan alat kesehatan lainnya ini bahkan terjadi di hampir setiap rumah sakit seluruh Indonesia, baik RS rujukan maupun nonrujukan penanganan Covid-19. 

Melihat kondisi itu, banyak deretan publik figur yang tergerak melakukan berbagai macam aksi sosial. Mulai dari menyumbang dana miliaran, membuatkan baju APD, hingga menyumbang pasokan kebutuhan fasilitas kesehatan di berbagai daerah.



Salah satu artis dan model Cathy Saron beserta rekannya Maia Estianty ini misalnya berbagi alat kesehatan ke sejumlah daerah. Kota Malang ikut menjadi sasaran penerima bantuan itu.

Hal itu terlihat dari postingan di instagram story pribadinya @cathysaron, beberapa rumah sakit dan puskesmas di Kota Malang mendapatkan bantuan APD dan alat kesehatan lainnya.

"Malang Guys," tulisnya di instagram story foto postingan penerima bantuan.

Di antaranya, RKZ atau RS Panti Waluyo, RSSA (Rumah Sakit Saiful Anwar), Puskesmas Polowijen, hingga Puskesmas Pandanwangi menjadi sasaran dari penyaluran bantuan itu.

Beberapa bantuan yang diberikan berupa, masker, handscoon, googles dan boots. Semua bantuan tersebut diharapkan bisa membantu memaksimalkan petugas medis dalam menjalankan tugasnya untuk menangani Covid-19.

Diketahui, hingga 30 Maret 2020 jumlah pasien kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 1.414. Dengan begitu banyak pasien yang tersebar di 31 provinsi, bantuan alat kesehatan yang saat ini paling banyak dibutuhkan oleh petugas medis.