Direktur RSU Karsa Husada, dr. Tries Anggraini. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Direktur RSU Karsa Husada, dr. Tries Anggraini. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Karsa Husada menjadi satu-satunya rumah sakit rujukan dalam penanganan kasus wabah virus corona atau covid 19 di Kota Batu. Lalu bagaimana dengan fasilitas yang diberikan untuk menunjang penyembuhan pasien di sana?

Direktur RSU Karsa Husada, dr. Tries Anggraini mengatakan, fasilitas yang disiapkan dalam penangan kasus tersebut terdapat 4 ruangan. Dua ruangan dikhususkan untuk kasus yang berat. “Kalau yang ruangan khusus ini ada alat ventilator,” ucapnya.

Baca Juga : Sudah Diwajibkan, Pemerintah Kabupaten Malang Bakal Bagikan 120 Ribu Masker ke Masyarakat

Sedangkan tempat tidur yang disiapkan ada 14 unit. Dengan ruangan terdapat High Efficiency Particulate Air (Hepa) filter.

Kemudian dokter khusus untuk penanganan ini terdapat spesialis paru, penyakit dalam, anestesi, konsultasi insentif care, dan anak. Untuk dokter spesialis atau tim inti disiapkan 8 dokter.

“Jumlah dokter spesialis paru ada 3 dokter, dokter penyakit dalam disiapkan 1 dokter, spesialis anestesi 1 dokter, konsultasi insentif care ada 1 dokter, ada 2 dokter anak dan ini adalah tim inti,” tambah Tries, Senin (30/3/2020).

Sedangkan saat ini di Kota Batu sudah terdapat satu orang positif covid 19, Alat Pelindung Diri (APD) masih dapat di-cover oleh rumah sakit tersebut. Namun hanya bisa bertahan selama satu Minggu.

“Karena memang APD ini sekali pakai, kalau yang positif bertambah tentu itu tidak mencukupi. Tapi sejauh ini masih bisa sampai satu Minggu,” jelasnya. 

Baca Juga : Pasien Covid-19 di Jombang Seorang Dokter, Ada 80 Orang Berpotensi Tertular

Namun beberapa APD yang dibutuhkan seperti masker bedah disposable kurang lebih sebanyak 200 box dan masker N95 500 box. Kemudian untuk coverall jumpsuit atau hazmat dibutuhkan 150 buah.

Kemudian juga coverall yang dibutuhkan meliputi sepatu boot, kemudian face sield, dan handscoon. Sedangkan fasilitas lainnya seperti ambulans yang disiapkan ada 3 unit mobil.